Lembar Kerja Evaluasi
Lembar Kerja Evaluasi (LKE) WBK Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi
A. | PENGUNGKIT | 60.00 | PILIHAN | JAWABAN | NILAI | % | URAIAN JAWABAN | BUKTI | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
I. | PEMENUHAN | 30.00 | ||||||||||
1. | Managemen Perubahan | 4 | ||||||||||
i. | Penyusunan Tim Kerja | 0.5 | ||||||||||
a. | Unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO telah menyusun dan menetapkan Tim Pembangunan Zona Integritas Tahun 2023 di tanda tangani oleh Plt Sekretaris Jenderal | SK Tim ZI Biro SDMO Tahun 2023 | ||||||
b. | Penentuan anggota Tim dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas | A/B/C | A | 1 | Penentuan Anggota Tim ZI dilakukan melalui rapat ZI yang dipimpin oleh Kepala Biro SDMO dan disepakati oleh seluruh pegawai di Biro SDMO | Screenshot Pembahasan rapat anggota tim ZI dan rapat pembahasan strategi pembangunan ZI Biro SDMO, undangan, daftar rapat ZI Biro SDMO surat undangan rapat dokumentasi rapat | ||||||
ii. | Rencana Pembangunan Zona Integritas | 1 | ||||||||||
a. | Terdapat dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO sudah membuat dokumen kerja pembangunan ZI menuju WBK | Dokumen Rencana Kerja PEmbangunan ZI menuju WBK/ WBBM Tahun 2023 | ||||||
b. | Dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM | A/B/C | A | 1 | Dokumen pembangunan terdapat targat-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK Tahun 2023 | Prioritas Dokumen Rencana Pembangunan ZI TAhun 2023 | ||||||
c. | Terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM | A/B/C | A | 1 | Terdapat Mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM | link Microsite & link Website MK | ||||||
iii. | Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM | 1 | ||||||||||
a. | Seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana | A/B/C/D | A | 1 | kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan recana | Data rencana aksi, rapat-repat pembahasan ZI, eRB, Screenshot rapat surat undangan rapat dokumentasi rapat | ||||||
b. | Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas | A/B/C/D | A | 1 | ada, kegiatan monitroing dan evaluasi terkait rencana pembangunan ZI dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan untuk memantau dan mereview capaian-capaian pembangunan yang dilakukan secara bertahap | Pelaksanaan Rapat pembangunan ZI (Screenshot), undangan, notulen daftar hadir rapat dokumentasi rapat | ||||||
c. | Hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti | A/B/C/D | A | 1 | iya, monitoring tindak lanjut dari evaluasi ditindaklanjuti oleh setiap anggota Tim ZI Biro SDMO dengan mengacu pada hasil keputusan rapat evaluasi dan mengisi lembar kerja monitoring | Notulensi rapat (scrrenshot), perbaikan microsite, penunjukan agen perubahan, pembuatan cover evidence, nodin perbaikan dokumentasi rapat | ||||||
iv. | Perubahan pola pikir dan budaya kerja | 1.5 | ||||||||||
a. | Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM | Y/T | Ya | 1 | Penetapan Pegawai sebagai Role Model pembangunan ZI Biro SDMO TA 2023 | Konsep SK Sekjen Tentang Role Model Biro SDMO TA 2023 | ||||||
b. | Sudah ditetapkan agen perubahan | A/B/C | A | 1 | Konsep agen perubahan telah dibentuk beberapa tahun sebelumnya di MK, bekerjasama dengan KPK dalam pembangunan ZI di MK dengan menetapkan agen-agen perubahan di setiap unit kerja termasuk di Biro SDMO. disamping itu Biro SDMO juga memperbaharui penunjukan agen-agen perubahan pembangunan ZI. | Konsep SK Sekjen Penunjukan Agen Perubahan 2023 biro SDMO | ||||||
c. | Telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO telah membuat peraturan mengenai kode etik pegawai dan budaya berorganisasi melalui peraturan sekjen nomor 40 Tahun 2021 dan kampanye mengenai budaya kerja berakhlak, budaya kerja kolaboratif, serta budaya berintegritas melalui media informasi di website, baner digital (digital sign it) dengan tujuan untuk melakukan perubahan budaya kerja dan pola pikir pegawai menuju Birokrasi yang modern dan berintegritas terkait penerapan budaya dan pola pikir birokrasi yang berintegritas, modern, kolabratif, inovatif, dan berbasis teknologi dilakukan oleh Biro SDMO dengan program-program sebagai berikut: Magang on line, Simantap (sistem informasi manajemen talenta, presensi on line melalui smartphone, pembangunan profesional ASN melalui aplikasi SAPK, My SPAK, IPASN, SKP dan pemanfatan SIASN untuk mengurus kenaikan pangkat. | Screenshot aplikasi MANTAP, KODE ETIK, SK SEKJEN Nota Usulan Kegiatan Motivasi Budaya Kerja Pegawai di MK Bulan Mei 2023 Surat Tugas Narasumber Mengisi Kegiatan Motivasi Budaya Kerja Pegawai MK Mei 2023 Pengumuman undangan Wa blast pegawai menghadiri motivasi budaya kerja mei 2023 | ||||||
d. | Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM | A/B/C/D | A | 1 | Seluruh Pegawai di Biro SDMO terlibat secara aktif dalam pembangunan ZI WBK, selalu hadir dalam rapat pembangunan ZI WBK dan ikut serta memonitoring dan mengevaluasi kegiatan ZI | kehadiran rapat ZI WBK, dokumentasi Undangan Rapat dokumentasi rapat | ||||||
2. | PENATAAN TATALAKSANA | 3.5 | ||||||||||
i. | Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama | 1 | ||||||||||
a. | SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi | A/B/C/D | A | 1 | SOP yang dibuat saat ini sedang dilakukan Sinkronisasi dengn Peta Proses Bisnis | ND Sinkronisasi SOP dengan Probis | ||||||
b. | Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan | A/B/C/D/E | A | 1 | Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi telah menerapkan E-SOP dalam pembuatan SOP serta telah membuat Peraturan Sekjen ttg E-SOP sebagai dasar hukum pengunaan E-SOP | PERSEKJEN E-SOP | ||||||
c. | Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi | A/B/C/D/E | A | 1 | SOP yang sudah saat ini sedang dilakukan evaluasi kesesuaianya dengan Probis yang sudah ada , sekaligus melakukan identifikasi terhadap SOP-SOP yang belum dibuat | ND Rencana Kegiatan Sinkronisasi SOP dengan Unit Kerja | ||||||
ii. | Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) | 2 | ||||||||||
a. | Sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi | A/B/C | A | 1 | Tiap-tiap Unit kerja sudah memiliki Sistem pengukuran e-Kinerja sudah menggunakan teknologi informasi dan melakukan inovasi | Screenshot Aplikasi Pengukuran Kinerja yang ada di Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal MK | ||||||
b. | Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi | A/B/C | A | 1 | Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi baik yang dikembangkan secara internal maupun menggunakan layanan eksternal yang dibuat oleh BKN | Screenshoot Aplikasi Manajemen SDM yang telah digunakan di MK | ||||||
c. | Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO mempunyai layanan publik yaitu E-Magang yang telah dikembangkan sejak awal pandemi tahun 2020. Layanan ini menggunakan teknologi informasi sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran covid-19 | Layanan E-Magang Biro SDMO Website Penaftaran magang tahun 2023 | ||||||
d. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik | A/B/C | A | 1 | Sudah dilaksanakan Monev pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasional SDM dan pemberian layanan publik | LAKIP 2022 BIRO SDMO | ||||||
iii. | Keterbukaan Informasi Publik | 0.5 | ||||||||||
a. | Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan | A/B/C | A | 1 | Peraturan KIP di MK dan Bukti Pelaksanaan KIP di MK | Peraturan KIP di MK dan Bukti Pelaksanaan KIP di MK | ||||||
b. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik | A/B/C | A | 1 | Keterbukaan Informasi MK sudah dilakukan monev oleh Komisi Informasi Pusat | Hasil Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat | ||||||
3. | PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM APARATUR | 5 | ||||||||||
i. | Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi | 0.25 | ||||||||||
a. | Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan | Y/T | Ya | 1 | Seluruh ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai pada levelnya | Persekjen tentang Anjab & ABK, Capture bagian SDM | ||||||
b. | Penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan | A/B/C/D | A | 1 | Seluruh hasil assessment dijadikan dasar mutasi internal dan pengembangan kompetensi pegawai | Dokumen Anjab dan Dokumen informasi Bezeting Hasil Asesmen PPM (eselon II dan PM), asesmen PP, eselon IV, III Tahun 2017 (data dede), laporan hasil asesmen 360 MT | ||||||
c. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja | Y/T | Ya | 1 | Monev dilakukan oleh SDM terhadap penempatan pegawai hasil rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja. | (SKP) e-Kinerja, Peta jabatan, Peta Kompetensi dan Potensi melalui Manajemen talenta (SIMANTAP) - Nodin penyesuain nomenklatur jabatan capture SDMO surat ke Menpan usulan nomenklatur jabatan - SK Sekjen perubahan noemnklatur jabatan, Nodin Usulan Pengngkatan & pemindahan | ||||||
ii. | Pola Mutasi Internal | 0.5 | ||||||||||
a. | Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan | Y/T | Ya | 1 | Dilakukan mutasi pegawai antar jabatan sebagai wujud dari pengembangan karier pegawai | Nodin Usulan mutasi jabatan dan SK penetapan Mutasi jabatan | ||||||
b. | Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan | A/B/C/D/E | A | 1 | semua mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan organisasi dan juga unit kerja memberikan pertimbangan | Nodin usulan pegawai pada subbag FRB, SOP mutasi pegawai, Nodin mutasi pegawai pada unit kerja lain, BA pelantikan SK sekjen ttng mutasi (Nodin laporan mutasi), SK tim penilai kinerja (Karo & Plt Kabag SDM 2021&2022) | ||||||
c. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja | Y/T | Ya | 1 | Sudah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja. | SKP anisa, Purwanto, Bianca talamati, Gunarya | ||||||
iii. | Pengembangan pegawai berbasis kompetensi | 1.25 | ||||||||||
a. | Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi | Y/T | Ya | 1 | Sudah dilakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi. | Nodin Usulan Diklat Teknis Pegawai, ST pelaksanaan diklat, sertifikat diklat | ||||||
b. | Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai | A/B/C/D | A | 1 | Semua rencana pengembangan kompetensi pegawai mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai | Nodin Usulan Diklat dari Unit kerja dan telaahan dari Unit SDMO | ||||||
c. | Tingkat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan | A/B/C/D | A | 1 | Jika persentase kesenjangan kompetensi pegawai dengan standar kompetensi yang ditetapkan sebesar <25% | Data Kompetensi pegawai dan telaahan pemenuhan kompetensi jabatan | ||||||
d. | Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya | A/B/C/D | A | 1 | seluruh pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya | Nodin Usulan Diklat Teknis Pegawai Unit Kerja, ST pelaksanaan diklat, sertifikat diklat | ||||||
e. | Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (seperti pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, coaching, atau mentoring) | A/B/C/D | A | 1 | unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada seluruh pegawai | Nodin Usulan kegiatan pengembangan termasuk Recharging, internship, diklat bahasa inggris, dan diklat lainnya (ST, Sertifikat) | ||||||
f. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja | A/B/C | A | 1 | Monev terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja telah dilakukan secara berkala, berupa Nodin laporan diklat dan SKP yang bersangkutan, laporan diklat dalam bentuk nodin yang diikuti oleh pegawai SDMO, laporan sekolah | Nodin laporan diklat dan SKP yang bersangkutan, laporan diklat dalam bentuk nodin yang diikuti oleh pegawai SDMO, laporan sekolah | ||||||
iv. | Penetapan kinerja individu | 2 | ||||||||||
a. | Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasi | A/B/C/D | A | 1 | Seluruh penetapan kinerja individu terkait dengan kinerja organisasi serta perjanjian kinerja selaras dengan sasaran kinerja pegawai (SKP) | Dokumen PK Biro SDMO, PK Pegawai Biro SDMO PK Kepala Biro SDMO Kabag, Kasubag dan PK Pegawai SDMO 2023 | ||||||
b. | Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya | A/B/C/D | A | 1 | Seluruh ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya serta menggambarkan logic model | Tapkin pegawai merupakan penjabaran dari atasan langsung PK Kepala Biro Kabag Kasubag dan Pegawai Biro SDMO Tahun 2023 | ||||||
c. | Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik | A/B/C/D/E | A | 1 | Pengukuran kinerja individu dilakukan secara bulanan | SKP bulanan (screenshot) pegawai SDMO, Karo, Kabag, Kassubag, Staff. | ||||||
d. | Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward | Y/T | Ya | 1 | Laporan Rekapitulasi kehadiran dan pengisian SKP guna Pembayaran HDPP, Tunkin dan Uang makan, Persekjen tentang pembayaran tunkin, HDPP, dan Screenshoot pembayaran tunkin, Hdpp | Laporan Rekapitulasi kehadiran dan pengisian SKP guna Pembayaran HDPP, Tunkin dan Uang makan, Persekjen tentang pembayaran tunkin, HDPP, dan Screenshoot pembayaran tunkin, Hdpp | ||||||
v. | Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai | 0.75 | ||||||||||
a. | Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan | A/B/C/D | A | 1 | Dengan di Tandatangani Persekjen disiplin ASN, Kode Etik Perilaku pegawai, Sosialiasasi dalam dashboard pegawai (Screenshoot), SE disiplin pegawai, SE jam kerja, SE WFH/WFO, Laporan disiplin pegawai, bentuk hukuman HD, persekjen tentang penetapan pegawai teladan (khususnya SDMO), laporan ketatausahaan Biro SDMO | Persekjen disiplin ASN, Kode Etik Perilaku pegawai, Sosialiasasi dalam dashboard pegawai (Screenshoot), SE disiplin pegawai, SE jam kerja, SE WFH/WFO, Laporan disiplin pegawai, bentuk hukuman HD, persekjen tentang penetapan pegawai teladan (khususnya SDMO), laporan | ||||||
vi. | Sistem Informasi Kepegawaian | 0.25 | ||||||||||
a. | Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala | A/B/C | A | 1 | SDM telah memutakhirkan data pegawai secara ruitn setiap tahun | Baezzering data pegawai | ||||||
4. | PENGUATAN AKUNTABILITAS | 5 | ||||||||||
i. | Keterlibatan pimpinan | 2.5 | ||||||||||
a. | Unit kerja telah melibatkan pimpinan secara langsung pada saat penyusunan perencanaan | A/B/C | A | 1 | Pimpinan selalu memberikan arahan pada setiap rapat terkait penyusunan Dokumen Renstra, Casecading Kinerja, Perencanaan Anggaran beserta Screenshoot, Undangan Rapat, Daftar hadir | Renstra 2022-2024 | ||||||
b. | Unit kerja telah melibatkan secara langsung pimpinan saat penyusunan penetapan kinerja | A/B/C | A | 1 | Pimpinan selalu terlibat dalam penyusunan Perjanjian Kinerja (PK), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Renaksi ZI & Renaksi RB, Usulkan dilakukan rapat dialog dan evaluasi kinerja, Screenshoot, Undangan rapat, daftar hadir rapat. Nota dinas penyeseuaian PK 2021/2022, Capaian Kinerja | PK Biro SDMO PK Kepala Biro SDMO, Kabag, Kasubag dan Pegawai Biro SDMO Tahun 2023 | ||||||
c. | Pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala | A/B/C/D | A | 1 | Pimpinan selalu memanatau dan mengevaluasi setiap perkembangan SKP, eKinerja, eReporting, Manajemen Talenta, Sivika (rapat evaluasi, Undangan rapat, daftar hadir, Screenshoot), rapat pembahasan hasil survey kinerja | Laporan Penilaian Kinerja Tahun 2022 | ||||||
ii. | Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja | 2.5 | ||||||||||
a. | Dokumen perencanaan kinerja sudah ada | Y/T | Ya | 1 | Dokumen Renstra, Cascading Kinerja, PK, RKT sudah disusun dan sudah tersedia | Renstra 2020-2024 | ||||||
b. | Perencanaan kinerja telah berorientasi hasil | Y/T | Ya | 1 | Dokumen Renstra, Cascading Kinerja, PK, RKT, IKU mengacu pada hasil yang sudah direncanakan dan disepakati | Renstra 2020-2024 | ||||||
c. | Terdapat penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU) | Y/T | Ya | 1 | Sudah ditandatangani Keputusan Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi tentang Indikator Kinerja Utama oleh Sekretaris Jenderal, Persekjen tentang Survey, Cascading Biro SDMO | SK Penerapan IKU | ||||||
d. | Indikator kinerja telah telah memenuhi kriteria SMART | A/B/C/D | A | 1 | Indikator Kinerja sudah disusun secara SMART | Cascading | ||||||
e. | Laporan kinerja telah disusun tepat waktu | Y/T | Ya | 1 | Laporan kinerja Biro SDMO telah disusun secara tepat waktu | LAKIP BIRO 2022 | ||||||
f. | Laporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja | A/B/C | A | 1 | Lakip disusun untuk memberikan informasi kinerja Biro SDMO Tahun 2022 secara transparan dan akuntabel | LAKIP BIRO SDMO 2022 | ||||||
g. | Terdapat sistem informasi/mekanisme informasi kinerja | Y/T | Ya | 1 | Pegawai diikutkan dalam kegiatan diklat/pengembangan yang bertujuan mendapatkan Sertifikat diklat manajemen resiko, Sertifikat Diklat PPBJ/Sosialisasi PPBJ, Diklat/Sosialisasi SIVIKA, Sertifikat diklat TNA, sosialisasi e-SOP, Ijazah tugas/Izin belajar. | Laporan Tubel | ||||||
h. | Unit kerja telah berupaya meningkatkan kapasitas SDM yang menangangi akuntabilitas kinerja | A/B/C | A | 1 | Pengelolaan akuntabilitas dilaksanakan oleh SDM yang kompeten, yaitu dengan adanya sertifikasi yang dimiliki oleh pegawai di Unit SDMO | Laporan Tubel | ||||||
5. | PENGUATAN PENGAWASAN | 7.5 | ||||||||||
i. | Pengendalian Gratifikasi | 1.5 | ||||||||||
a. | Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi | A/B/C | A | 1 | Public Campaign telah dilakukan oleh Biro SDMO secara berkala. | Digital Display Stop Gratifikasi. | ||||||
b. | Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan | A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO telah mengimplementasikan pengendalian gratifikasi. | Laporan Monitoring Pengendalian Gratifikasi. | ||||||
ii. | Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) | 1.5 | ||||||||||
a. | Telah dibangun lingkungan pengendalian | A/B/C/D/E | A | 1 | Biro SDMO telah membangun unit pengendalian gratifikasi dengan ditetapkan SK Sekjen tentang UPG dan membangun inovasi dalam pengendalian gratifikasi | Sertifikat SPIP | ||||||
b. | Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan | A/B/C/D/E | A | 1 | Biro SDMO telah melakukan penilaian risiko atas seluruh pelaksanaan kebijakan sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait lingkungan pengendalian yang sesuai dengan karakteristik unit kerja | Nodin Laporan Profil Resiko, laporan penilaian resiko Biro SDMO Ta 2022 | ||||||
c. | Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO telah melakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir resiko sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait kegiatan pengendalian untuk meminimalisir resiko yang sesuai dengan karakteristik unit kerja | Monitoring Profil Risiko | ||||||
d. | SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO telah menginformasikan dan menyampaikan kepada seluruh pihak terkait | Nodin Laporan Profil Resiko, laporan penilaian resiko Biro SDMO Ta 2022, Kode etik pegawai | ||||||
iii. | Pengaduan Masyarakat | 1.5 | ||||||||||
a. | Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO mengimplementasikan seluruh kebijakan pengaduan masyarakat sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait pengaduan masyarakat yang sesuai dengan karakteristik unit kerja | Sosialisasi Pengaduan Masyarakat | ||||||
b. | pengaduan masyarakat dtindaklanjuti | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO telah menindaklanjuti Pengaduan masyarakat | Laporan Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat. | ||||||
c. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO telah melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala penanganan pengaduan masyarakat. | SIKD laporan pengaduan masyarakat biro SDMO SP4N-LAPOR! | ||||||
d. | Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO telah menindaklanjuti hasil evaluasi atas penanganan pengaduan. | Laporan Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat. SP4N-LAPOR! | ||||||
iv. | Whistle-Blowing System | 1.5 | ||||||||||
a. | Whistle Blowing System telah diterapkan | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO menerapkan seluruh kebijakan Whistle Blowing System sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait pelaksanaan Whistle Blowing System yang sesuai dengan karakteristik unit kerja | Persekjen tentang WBS, laporan WBS | ||||||
b. | Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System | A/B/C | A | 1 | Penerapan Whistle Blowing System dimonitoring dan evaluasi secara berkala | Whistleblowing Aplikasi | ||||||
c. | Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti | A/B/C | A | 1 | seluruh hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti oleh unit kerja | Laporan WBS pada Aplikasi | ||||||
v. | Penanganan Benturan Kepentingan | 1.5 | ||||||||||
a. | Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama | A/B/C/D | A | 1 | Identifikasi/pemetaan benturan kepentingan pada seluruh tugas fungsi utama | SK Sekjen 35.7 Tahun 2018 tentang Benturan Kepentingan | ||||||
b. | Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi | A/B/C/D | A | 1 | penanganan Benturan Kepentingan disosialiasikan/diinternalisasikan ke seluruh layanan | Sertifikat Kegiatan Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi dan Benturan kepentingan. | ||||||
c. | Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan | A/B/C/D | A | 1 | Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan | Laporan Penanganan Benturan Kepentingan Semester I | ||||||
d. | Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan | A/B/C | A | 1 | Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan | Laporan Penanganan Benturan Kepentingan Semester II | ||||||
e. | Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti | A/B/C | A | 1 | Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti | Laporan Benturan Kepentingan | ||||||
6. | PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK | 5 | ||||||||||
i. | Standar Pelayanan | 1 | ||||||||||
a. | Terdapat kebijakan standar pelayanan | A/B/C/D/E | A | 1 | Terdapat penetapan Standar Pelayanan terhadap seluruh jenis pelayanan, dan sesuai asas serta komponen standar pelayanan publik yang berlaku | SK Sekjen no 31 tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Publik, Draft Persekjen tentang Standar Pelayanan Kesehatan, Pedoman magang, draft Persekjen ttng magang, SOP pelayanan kesehatan dan pelayanan magang | ||||||
b. | Standar pelayanan telah dimaklumatkan | A/B/C/D | A | 1 | Standar pelayanan telah dimaklumatkan pada seluruh jenis pelayanan dan dipublikasikan di website dan media lainnya | Screenshoot maklumat pelayanan pada laman MK Revisi Maklumat Pelayanan Publik dan Maklumat Keterbukaan Informasi Pelayanan Publik Tahun 2022 | ||||||
c. | Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan | A/B/C/D | A | 1 | Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan dilakukan dengan melibatkan stakeholders (antara lain : tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, dan lembaga swadaya masyarakat), serta memanfaatkan masukan hasil SKM dan pengaduan masyarakat | Nodin telaahan persekjen ttg pelayanan kesehatan hakim dan pegawai ke biro HAK, Undangan pembahasan perbaikan hasil review biro HAK - bu dede - dokumen akan disusun | ||||||
d. | telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO telah melakukan publikasi atas tandar pelayanan dan maklumat pelayanan | Screenshoot maklumat pelayanan pada laman MK Screenshoot Publikasi Standar Pelayanan Publik MK di Website menpan.go.id hal 1 Screenshoot Standar Pelayanan Publik MK di Website mepan.go.id hal 2 | ||||||
ii. | Budaya Pelayanan Prima | 1 | ||||||||||
a. | Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan prima | A/B/C/D/E | A | 1 | Telah dilakukan pelatihan/sosialisasi pelayanan prima secara berkelanjutan dan terjadwal, sehingga seluruh petugas/pelaksana layanan memiliki kompetensi sesuai kebutuhan jenis layanan serta telah dan terdapat monev yang melihat kemampuan/kecakapan petugas/pelaksana layanan | Nodin Usulan perpanjangan izin Surat Tanda Registrasi, nodin usulan diklat kepegawaian, pelaksanaan (sertifikat) seminar - diklat dokter, Nodin usulan diklat/seminar, surat tugas, sertifikat, Nodin usulan magang, pelaksanaan magang, screenshot pelaksanaan magang, Surat Tugas Mentor magang | ||||||
b. | Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media | A/B/C/D | A | 1 | Seluruh Informasi tentang pelayanan dapat diakses secara online (website/media sosial) dan terhubung dengan sistem informasi pelayanan publik nasional | Screenshoot pelayanan magang pada laman MK, dan mobile klik MK, ePoliklinik (screenshoot), IG MK info tentang pengumuman Magang 2022 | ||||||
c. | Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan | A/B/C/D | A | 1 | terdapat kebijakan pemberian penghargaan dan sanksi yang minimal memenuhi unsur penilaian: disiplin, kinerja, dan hasil penilaian pengguna layanan, dan telah diterapkan secara rutin/berkelanjutan | Persekjen tentang reward/insentif, dan persekjen ttg pelaksanaan disiplin pegawai, persekjen nomo 11 tahun 2011 majelis kode etik pegawai | ||||||
d. | Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar | A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO telah menyusun sistem pemberian kompensasi bila layanan tidak sesuai standar bagi penerima layanan di seluruh jenis layanan | Membuat Nodin usulan pemberian kompensasi terkait layanan yang tidak sesuai standar, seperti pemberian bahan publikasi, jurnal MK, dan majalah konsitusi | ||||||
e. | Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi | A/B/C/D | A | 1 | seluruh pelayanan sudah dilakukan secara terpadu/terintegrasi | Screenshoot layanan terpadu pada laman MK, dan mobile klik MK, ePoliklinik (screenshoot) | ||||||
f. | Terdapat inovasi pelayanan | A/B/C/D/E | A | 1 | Biro SDMO telah memiliki inovasi pelayanan yang berbeda dengan unit kerja lain dan mendekatkan pelayanan dengan masyarakat serta telah direplikasi | penggunaan aplikasi e-poliklinik, magang on line (screenshoot pelaksanaan magang on line) nodin pelaksanaan magang online, IG MK tentang magang di MK, Twiter magang MK | ||||||
iii. | Pengelolaan Pengaduan | 1 | ||||||||||
a. | Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor! | A/B/C/D/E | A | 1 | media konsultasi dan pengaduan secara offline dan online, tersedia petugas khusus yang menangani, dan terintegrasi dengan SP4N-LAPOR | Screenshot website mkri.id | ||||||
b. | Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan | A/B/C | A | 1 | Unit yang menangani span lapor di inspektorat | SK - SPAN LAPOR di Inspektorat | ||||||
c. | Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi | A/B/C | A | 1 | Ada evaluasi penanganan keluhan/masukan konsultasi secara berkala | Nodin ke Inspekturat untuk permohonan data perihal, keluhan dan konsultasi | ||||||
iv. | Penilaian kepuasan terhadap pelayanan | 1 | ||||||||||
a. | Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan | A/B/C/D/E | A | 1 | Survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dilakukan minimal 4 kali dalam setahun | Hasil Survey yang dilaksanakan oleh Biro Perencanaan | ||||||
b. | Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka | A/B/C | A | 1 | Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara online (website, media sosial, dll) dan offline | website mkri.id - Screenshot administrasi umum - pelayanan publik | ||||||
c. | Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat | A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO melakukan tindak lanjut atas seluruh hasil survei kepuasan masyarakat | Nodin rapat, undangan rapat hasil rapat, screenshoot peserta rapat, - (data di biro perencanaan 2020) chatroom, laporan skm-rapat pembahasan survey | ||||||
v. | Pemanfaatan Teknologi Informasi | 1 | ||||||||||
a. | Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan | A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO menggunakan teknologi informasi pada seluruh proses pemberian layanan | website mkri.id, aplikasi epoliklinik, magang online, twitter, IG MK, SIMANTAP, MySAPK, SAPK, IPASN, SIMPEG, e-RB, e-SOP, Microsite. SIKD (Screenshot saja) | ||||||
b. | Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO telah membangun database pelayanan yang terintegrasi | Website mkri.id, Microsite, SIKD(SIMANTAP) (screenshot) | ||||||
c. | Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus | A/B/C | A | 1 | Biro SDMo melakukan perbaikan secara terus-menerus | Nodine usulan revisi conten/tampilan microsite, rapat tentang manajemen talenta, SK pemeliharaan aplikasi e-RB. | ||||||
II. | REFORM | |||||||||||
1. | MANAJEMEN PERUBAHAN | 4 | ||||||||||
i. | Komitmen dalam perubahan | 2 | ||||||||||
a. | Agen perubahan telah membuat perubahan yang konkret di Instansi (dalam 1 tahun) | 0-100% | 100% | 1.00 | Agen perubahan akan membuat perubahan yang konret di instansi | SK Agen perubahan rencana kerja nota dinas rencana pengembangan e-SOP Aplikasi e-SOP |
||||||
|
Jumlah | 2 | Terdapat dua orang agen perubahan di Biro SDMO | SK agen perubahan | ||||||||
|
Jumlah | 1 | Perubahan yang akan dibuat sebanyak 1 perubahan. | Aplikasi e-SOP nota dinas rencana pengembangan e-SOP | |
||||||||
b. | Perubahan yang dibuat Agen Perubahan telah terintegrasi dalam sistem manajemen | 0-100% | 100% | 1.00 | Perubahan yang dibuat Agen Perubahan telah terintegrasi dalam sistem manajemen | Aplikasi e-SOP | ||||||
|
Jumlah | 1 | jumlah perubahan yang dibuat oleh Agen Perubahan yaitu 1 aplikasi e-SOP | aplikasi e-SOP | ||||||||
|
Jumlah | 1 | aplikasi e-SOP merupakan perubahan yang telah diintegrasikan dalam sistem manajemen | aplikasi e sop | ||||||||
ii. | Komitmen Pimpinan | 1 | ||||||||||
a. | Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya target capaian reformasi yang jelas di dokumen perencanaan | A/B/C/D/E | A | 1 | Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya target capaian reformasi yang jelas di dokumen perencanaan | Dokumen renaksi ZI, RB, rapat monev zi/rb, undangan, nodin, screenshoot kegiatan rapat dan evaluasi undangan rapat nota dinas dokumentasi rapat |
||||||
iii. | Membangun Budaya Kerja | 1 | ||||||||||
a. | Instansi membangun budaya kerja positif dan menerapkan nilai-nilai organisasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari | A/B/C/D | A | 1 | Instansi membangun budaya kerja positif dan menerapkan nilai-nilai organisasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari | SE Kode etik pegawai 2021, Foto Kode etik Tembok depen dilift, Screenshot Kode etik pegawai di Dasbhoard pegawai | ||||||
2. | PENATAAN TATALAKSANA | 3.5 | ||||||||||
i. | Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan | 0.5 | ||||||||||
a. | Telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan | A/B/C/D/E | A | 1 | PERATURAN PROBIS | PERATURAN PROBIS | ||||||
ii. | Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi | 1 | ||||||||||
a. | Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien | A/B/C | A | 1 | Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien | LAYANAN DIGITAL SDM |
||||||
b. | Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien | A/B/C | A | 1 | Layanan SPBE biro SDMO telah memberikan kemudahan bagi Masyarakat bagi SPBE | LAYANAN TRANSFORMASI DIGITAL | ||||||
iii. | Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat | 2 | ||||||||||
a. | Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal | A/B/C/D/E | A | 1 | Trasformasi digital bidang probis memberi manfaat bagi Biro SDMO secara optimal | Dokumen Transformasi Digital Utama |
||||||
b. | Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal | A/B/C/D/E | A | 1 | Transformasi digital bidang administrasi bermanfaat bagi Biro SDMO secara optimal | "1. Hasil Survey kepuasan layanan Biro SDMO - biro renkeu (billy) 2. Rapat Pengembangan SIKD - undangan, Notulen, nodin" |
||||||
c. | Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal | A/B/C/D/E | A | 1 | Hasil survey layanan publik Biro SDMO seperti pelaksanaan magang dan survey kepuasan layanan | "1. Hasil Survey kepuasan layanan Biro SDMO - biro renkeu (billy) 2. Laporan Magang Online - bayu - fithat" |
||||||
3. | PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM APARATUR | 5 | ||||||||||
i. | Kinerja Individu | 1.5 | ||||||||||
a. | Ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai pada levelnya | A/B/C | A | 1 | Ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai level | SKP, e-Kinerja, LAKIP Biro SDMO | ||||||
ii. | Assessment Pegawai | 1.5 | ||||||||||
a. | Hasil assement telah dijadikan pertimbangan untuk mutasi dan pengembangan karir pegawai | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO mempertimbangkan hasil asesmen dalam melaksanakan mutasi dan pengembangan karir pegawai | Hasil Asesmen PPM (eselon II dan PM), asesmen PP, eselon IV, III Tahun 2017, laporan hasil asesmen 360 MT | ||||||
iii. | Pelanggaran Disiplin Pegawai | 2 | ||||||||||
a. | Penurunan pelanggaran disiplin pegawai | 0-100% | 100% | 1.00 | Disiplin pegawai meningkat | Laporan disiplin pegawai 2019-2021 sesuai dengan Persekjen MK noor 47 tahun 2021 (data dede), Nodin Laporan | ||||||
|
Jumlah | 3 | Di Biro SDMO telah terjadi 2 kali pelanggaran disiplin dan sudah ditindaklanjuti dalam bentuk Surat Peringatan 1 | Laporan disiplin pegawai SDMO Tahun 2022 | ||||||||
|
Jumlah | Tahun 2023 di Biro SDMO belum terjadi pelanggaran disiplin | Daftar Tindakan disiplin pegawai 2023 | |||||||||
|
Jumlah | 5 | Tahun 2022 Biro SDMO telah memberikan tindakan pembinaan disiplin kepada pegawai sebanyak 5 orang | Laporan disiplin pegawai 2021-2022 | ||||||||
4. | PENGUATAN AKUNTABILITAS | 5 | ||||||||||
i. | Meningkatnya capaian kinerja unit kerja | 2 | ||||||||||
a. | Persentase Sasaran dengan capaian 100% atau lebih | 0-100% | 91.67% | 0.92 | Persentase sasaran dengan capaian 100% atau lebih | Lakip Biro SDMO | ||||||
|
Jumlah | 12 | Biro SDMO telah menetapkan capaian kinerja sebanyak 12 target kinerja | Lakip Biro SDMO | ||||||||
|
Jumlah | 10 | Biro SDMO berhasil mencapai kinerja sebesar 100% sebanyak 10 target kinerja tahun 2022 | LAKIP Biro SDMO | ||||||||
ii. | Pemberian Reward and Punishment | 1.5 | ||||||||||
a. | Hasil Capaian/Monitoring Perjanjian Kinerja telah dijadikan dasar sebagai pemberian reward and punishment bagi organisasi | A/B/C/D | A | 1 | Pemberian reward and punishmen mendasarkan pada capaian/monitoring Perjanjian Kinerja | Persekjen tunkin | ||||||
iii. | Kerangka Logis Kinerja | 1.5 | ||||||||||
a. | Apakah terdapat penjenjangan kinerja ((Kerangka Logis Kinerja) yang mengacu pada kinerja utama organisasi dan dijadikan dalam penentuan kinerja seluruh pegawai? | A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO menyusun cascading (penjenenjangan) dengan mengacu pada kinerja utama organisasi | Cascading Cascading MK Tahun 2020, 2021, 2022 dan 2023 SK Sekjen Nomor 581 TAHUN 2022 tentang PENETAPAN PERUBAHAN KEDUA INDIKATOR KINERJA UTAMA MAHKAMAH KONSTITUSI, INDIKATOR KINERJA UTAMA KEPANITERAAN DAN SEKRETARIAT JENDERAL SERTA INDIKATOR KINERJA UTAMA BIRO/PUSAT/INSPEKTORAT DI LINGKUNGAN MAHKAMAH KONSTITUSI TAHUN ANGGARAN 2020 - 2024 |
||||||
5. | PENGUATAN PENGAWASAN | 7.5 | ||||||||||
i. | Mekanisme Pengendalian | 0 | ||||||||||
a. | Telah dilakukan mekanisme pengendalian aktivitas secara berjenjang | A/B/C/D/E | A | 1 | Biro SDMO telah melakukan mekanisme pengendalian aktivitas secara berjenjang. | SE Larangan Gratifikasi | ||||||
ii. | Penanganan Pengaduan Masyarakat | 3 | ||||||||||
a. | Persentase penanganan pengaduan masyarakat | 0-100% | 100% | 1.00 | Tidak ada pengaduan masyarakat. | Tidak ada pengaduan masyarakat. | ||||||
|
Jumlah | Tidak ada pengaduan masyarakat. | Tidak ada pengaduan masyarakat. | |||||||||
|
Jumlah | Tidak ada pengaduan masyarakat. | Tidak ada pengaduan masyarakat. | |||||||||
|
Jumlah | Tidak ada pengaduan masyarakat. | Tidak ada pengaduan masyarakat. | |||||||||
iii. | Penyampaian Laporan Harta Kekayaan | 2 | ||||||||||
i. | Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) | 1 | ||||||||||
- | Persentase penyampaian LHKPN | 0-100% | 100% | 1.00 | Seluruh Pegawai Biro SDMO telah menyampaikan LHKPN | Dokumen Penyerahan LHPKN | ||||||
- | Jumlah yang harus melaporkan | Jumlah | 1 | 1.00 | Kepala Biro SDM dan Organisasi | Kepala Biro SDM dan Organisasi | ||||||
|
Jumlah | 1 | Kepala Biro SDM dan Organisasi | Penyerahan LHKPN | ||||||||
|
Jumlah | 1 | Kepala Biro SDM dan Organisasi | Kepala Biro SDM dan Organisasi | ||||||||
|
Jumlah | |||||||||||
- | Jumlah yang sudah melaporkan | Jumlah | 1 | 1.00 | Kepala Biro SDM dan Organisasi | Kepala Biro SDM dan Organisasi | ||||||
i. | Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) | 1 | ||||||||||
- | Persentase penyampaian LHKASN | 0-100% | 100% | 1.00 | Seluruh Pegawai pada Biro SDM dan Organisasi | Seluruh Pegawai pada Biro SDM dan Organisasi | ||||||
- | Jumlah yang harus melaporkan (ASN tidak wajib LHKPN) | Jumlah | 20 | 20.00 | Pegawai Eselon III, IV, dan Pejabat Fungsional dan Pelaksana | Pegawai Eselon III, IV, dan Pejabat Fungsional dan Pelaksana | ||||||
|
Jumlah | 1 | Eselon III pada Biro SDM dan Organisasi | Eselon III pada Biro SDM dan Organisasi | ||||||||
|
Jumlah | 4 | Eselon IV pada Biro SDM dan Organisasi | Eselon IV pada Biro SDM dan Organisasi | ||||||||
|
Jumlah | 15 | Pelaksana pada Biro SDM dan Organisasi | Pelaksana pada Biro SDM dan Organisasi | ||||||||
- | Jumlah yang sudah melaporkan | Jumlah | 20 | 20.00 | Pegawai Eselon III, IV, dan Pejabat Fungsional dan Pelaksana | Pegawai Eselon III, IV, dan Pejabat Fungsional dan Pelaksana | ||||||
6. | PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK | 5 | ||||||||||
i. | Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik | 2.5 | ||||||||||
a. | Upaya dan/atau inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik pada: 1. Kesesuaian Persyaratan 2. Kemudahan Sistem, Mekanisme, dan Prosedur 3. Kecepatan Waktu Penyelesaian 4. Kejelasan Biaya/Tarif, Gratis 5. Kualitas Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan 6. Kompetensi Pelaksana/Web 7. Perilaku Pelaksana/Web 8. Kualitas Sarana dan prasarana 9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan |
A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO Sudah melakukan penyesuaian inovasi dalam mendorong perbaikan pelayanan publik, yaitu dengan melakukan inovasi berupa peningkatan layanan berbasis elektronik | Website MKRI.id, kegiatan magang online, pendaftaran magang on line dan melalui media sosial Pendaftaran Magang online 2023 LAporan Kegiatan Magang Tahun 2023 |
||||||
b. | Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah: 1. Waktu lebih cepat 2. Pelayanan Publik yang terpadu 3. Alur lebih pendek/singkat 4 Terintegrasi dengan aplikasi |
0-100% | 100% | 1.00 | Biro SDMO melakukan inovasi pendaftaran magang online | Pelaksanaan kegiatan magang Laporan Magang 2022 Pendaftaran magang online 2023 |
||||||
|
Jumlah | 1 | MK atau Biro SDMO tidak memiliki kewenangan dalam menerbitkan perizinan, akan tetapi Biro SDMO memiliki kewenangan untuk menerima mahasiswa magang dan selama ini berjalan online karena pandemi Covid19 | Proses Penerimaan Magang Penerimaan Magang 2023 | Penerimaan Magang Mei 2023 | |
||||||||
|
Jumlah | 1 | MK atau Biro SDMO tidak memiliki kewenangan dalam menerbitkan perizinan, akan tetapi Biro SDMO memiliki kewenangan untuk menerima mahasiswa magang dan selama ini berjalan online karena pandemi Covid19 | Pendaftaran Magang online Laporan Kegiatan Magang 2023 | Laporan Magang 2022 | |
||||||||
ii. | Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi | 2.5 | ||||||||||
a. | Penanganan pengaduan pelayanan dilakukan melalui berbagai kanal/media secara responsive dan bertanggung jawab | A/B/C/D | A | 1 | MK sudah melakukan penanganan pengaduan masyarakat melalui berbagai kanal/media secara responsive, dimana Biro SDMO turut serta dalam memanfaatkan media sebagai kanal dalam upaya meningkatkan responsifitas penanganan pengaduan masyarakat | SP4N Lapor!, whistleblowing sistem, tanya jawab, email mkri tambahan evidence pengaduan dan layanan magang melalui surat elektronik |
||||||
B | HASIL | |||||||||||
I. | BIROKRASI YANG BERSIH DAN AKUNTABEL | |||||||||||
a. | Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) | 17.5 | 0-4 | 3.57 | 3.57 | Biro SDMO telah melakukan survei persepsi anti korupsi kepada responden yang dilaksnakan pada bulan Mei 2023 dan telah menyusun laporan kegiatan laporan survei persepsi anti korupsi dan telah menyusun tindaklanjuti rekomendasi terhadap nilai terendah mulai bulan Juni - Desember 2023 | Hasil Survei 3.556 (konversi :88,9) sangat baik A | |||||
b. | Capaian Kinerja Lebih Baik dari pada Capaian Kinerja Sebelumnya | 5 | 0-100% | 4.17% | 0.04 | Biro SDMO telah menyelesaikan target kinerja tahun 2022 dengan lebih baik dari target kinerja tahun sebelumnya dengan mengacu pada perjanjian kinerja (PK) BIRO SDMO dan dituangkan kedalam Laporan kinerja instansi pemerintah Biro SDMO | Nilai Lakip Biro SDMO Tahun 2022 LAKIP BIRO SDMO 2021 |
|||||
II. | PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA | |||||||||||
a. | Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) | 17.5 | 0-4 | 3.38 | 3.38 | Biro SDMO telah Melaksanakan survei persepsi kualitas pelayanan kepada responden pada bulan mei 2023 dan telah menyusun rencana tindaklanjut atas hasil sruvei tersebut | Hasil Survei Persepsi Kualitas Pelayanan |