Lembar Kerja Evaluasi
Lembar Kerja Evaluasi (LKE) WBK Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi
A. | PENGUNGKIT | 60.00 | PILIHAN | JAWABAN | NILAI | % | URAIAN JAWABAN | BUKTI | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
I. | PEMENUHAN | 30.00 | ||||||||||
1. | Managemen Perubahan | 4 | ||||||||||
i. | Penyusunan Tim Kerja | 0.5 | ||||||||||
a. | Unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO sudah menetapkan SK Tim ZI Menuju WBK dan WBBM | SK Tim ZI Menuju WBK dan WBBM Biro SDMO | ||||||
b. | Penentuan anggota Tim dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas | A/B/C | A | 1 | Penentuan Anggota Tim ZI dilakukan melalui rapat ZI yang dipimpin oleh Kepala Biro SDMO dan disepakati oleh seluruh pegawai di Biro SDMO | Screenshot Pembahasan rapat evaluasi ZI Biro SDMO, undangan, daftar rapat ZI Biro SDMO | ||||||
ii. | Rencana Pembangunan Zona Integritas | 1 | ||||||||||
a. | Terdapat dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO sudah membuat dokumen kerja pembangunan ZI menuju WBK | Dokumen Rencana Kerja PEmbangunan ZI menuju WBK/ WBBM Tahun 2024 Terdapat SK TIm ZI Biro SDMO di tahun 2023 Rencana Aksi ZI Biro SDMO tahun 2024 | ||||||
b. | Dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM | A/B/C | A | 1 | Dokumen pembangunan terdapat targat-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK Tahun 2024 | Prioritas Dokumen Rencana Pembangunan ZI TAhun 2024 | ||||||
c. | Terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM | A/B/C | A | 1 | Terdapat Mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM | link Microsite & link Website MK | ||||||
iii. | Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM | 1 | ||||||||||
a. | Seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana | A/B/C/D | A | 1 | kegiatan pembangunan zi biro sdmo sudah dilaksanakan sesuai dengan recana kerja zi 2024 | Data rencana aksi, rapat pembahasan ZI, eRB, Screenshot rapat Data Rencana Aksi 2024 | ||||||
b. | Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas | A/B/C/D | A | 1 | ada, kegiatan monitroing dan evaluasi terkait rencana pembangunan ZI dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan untuk memantau dan mereview capaian-capaian pembangunan yang dilakukan secara bertahap | Pelaksanaan Rapat Evaluasi pembangunan ZI (Screenshot), undangan, notulen Rapat evaluasi ZI Biro SDMO PPT Hasil Evaluasi ZI 2024. Rencana Aksi ZI Biro SDMO tahun 2024 | ||||||
c. | Hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti | A/B/C/D | A | 1 | iya, monitoring tindak lanjut dari evaluasi ditindaklanjuti oleh setiap anggota Tim ZI Biro SDMO dengan mengacu pada hasil keputusan rapat evaluasi dan mengisi lembar kerja monitoring | PPT Hasil Evaluasi ZI 2024 | ||||||
iv. | Perubahan pola pikir dan budaya kerja | 1.5 | ||||||||||
a. | Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO telah memilih Ibu Sri Handayani selaku Kepala Biro SDMO untuk menjadi Role Model yang ditetapkan juga melalui SK Penunjukan Role Model NOMOR 127.4 TAHUN 2024. | SK Penunjukan Role Model Biro SDMO NOMOR 127.4 TAHUN 2024. | ||||||
b. | Sudah ditetapkan agen perubahan | A/B/C | A | 1 | Konsep agen perubahan telah dibentuk beberapa tahun sebelumnya di MK, bekerjasama dengan KPK dalam pembangunan ZI di MK dengan menetapkan agen-agen perubahan di setiap unit kerja termasuk di Biro SDMO. disamping itu Biro SDMO juga memperbaharui penunjukan agen-agen perubahan pembangunan ZI. | SK Penunjukan Agen Perubahan di Biro SDMO tahun 2024 | ||||||
c. | Telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO telah membuat peraturan mengenai kode etik pegawai dan budaya berorganisasi melalui peraturan sekjen nomor 40 Tahun 2021 dan kampanye mengenai budaya kerja berakhlak, budaya kerja kolaboratif, serta budaya berintegritas melalui media informasi di website, baner digital (digital sign it) dengan tujuan untuk melakukan perubahan budaya kerja dan pola pikir pegawai menuju Birokrasi yang modern dan berintegritas terkait penerapan budaya dan pola pikir birokrasi yang berintegritas, modern, kolabratif, inovatif, dan berbasis teknologi dilakukan oleh Biro SDMO dengan program-program sebagai berikut: Magang on line, Simantap (sistem informasi manajemen talenta, presensi on line melalui smartphone, pembangunan profesional ASN melalui aplikasi SAPK, My SPAK, IPASN, SKP dan pemanfatan SIASN untuk mengurus kenaikan pangkat. | Screenshot aplikasi MANTAP, KODE ETIK, SK SEKJEN Penyelenggaraan kegiatan coffee morning sebagai wadah sosialisasi Budaya Kerja ASN dengan core value BerAKHLAK. | ||||||
d. | Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM | A/B/C/D | A | 1 | Seluruh Pegawai di Biro SDMO terlibat secara aktif dalam pembangunan ZI WBK, selalu hadir dalam rapat pembangunan ZI WBK dan ikut serta memonitoring dan mengevaluasi kegiatan ZI | Rapat Koordinasi dan evaluasi ZI Biro SDMO Undangan Rapat Evaluasi ZI Biro SDMO | ||||||
2. | PENATAAN TATALAKSANA | 3.5 | ||||||||||
i. | Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama | 1 | ||||||||||
a. | SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi | A/B/C/D | A | 1 | SOP di Biro SDMO yang terus disempurnakan dan dilakukan Sinkronisasi dengan Peta Proses Bisnis serta dinamika organisasi. Peta Proses Bisnis masih tetap menggunakan yang telah ditetapkan di Tahun 2023 dan belum berubah selama belum ada perubahan SOTK. | Laporan Bimtek SOP Juni tahun 2023 Persekjen Nomor 32 Tahun 2022 tentang Peta Proses Bisnis MK | ||||||
b. | Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan | A/B/C/D/E | A | 1 | Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi telah menerapkan E-SOP dalam pembuatan SOP serta telah membuat Peraturan Sekjen ttg E-SOP sebagai dasar hukum pengunaan E-SOP | PERSEKJEN E-SOP Screenshot tampilan e-sop di aplikasi SOPAN.MKRI.ID | ||||||
c. | Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi | A/B/C/D/E | A | 1 | SOP di Biro SDMO yang terus disempurnakan dan dilakukan Sinkronisasi dengan Peta Proses Bisnis serta dinamika organisasi. Peta Proses Bisnis masih tetap menggunakan yang telah ditetapkan di Tahun 2023 dan belum berubah selama belum ada perubahan SOTK. | ND Rencana Kegiatan Sinkronisasi SOP dengan Unit Kerja Laporan Bimtek SOP | ||||||
ii. | Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) | 2 | ||||||||||
a. | Sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi | A/B/C | A | 1 | Tiap-tiap Unit kerja sudah memiliki Sistem pengukuran e-Kinerja sudah menggunakan teknologi informasi dan melakukan inovasi | Screenshot Aplikasi Pengukuran Kinerja yang ada di Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal MK Pengisian SKP pegawai MK sudah terintegrasi dengan aplikasi E-Kinerja MyASN BKN | ||||||
b. | Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi | A/B/C | A | 1 | Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi baik yang dikembangkan secara internal maupun menggunakan layanan eksternal yang dibuat oleh BKN | Screenshoot Aplikasi Manajemen SDM yang telah digunakan di MK Pengisian SKP pegawai MK sudah terintegrasi dengan aplikasi E-Kinerja My ASN BKN screenshot skp pegawai menggunakan sistem informasi e-kinerja di tahun 2024 | ||||||
c. | Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO mempunyai layanan publik yaitu E-Magang yang telah dikembangkan sejak awal pandemi tahun 2020. Layanan ini menggunakan teknologi informasi sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran covid-19 | Layanan E-Magang Biro SDMO Screenshot layanan contact MK meliputi kegiatan Magang dan Penelitian di tahun 2024 | ||||||
d. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik | A/B/C | A | 1 | Sudah dilaksanakan Monev pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasional SDM dan pemberian layanan publik | Nota Dinas Jawaban Notisi Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi Tahun 2023 | ||||||
iii. | Keterbukaan Informasi Publik | 0.5 | ||||||||||
a. | Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan | A/B/C | A | 1 | Peraturan KIP di MK dan Bukti Pelaksanaan KIP di MK | Peraturan KIP di MK dan Bukti Pelaksanaan KIP di MK | ||||||
b. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik | A/B/C | A | 1 | Keterbukaan Informasi MK sudah dilakukan monev oleh Komisi Informasi Pusat | Hasil Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat | ||||||
3. | PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM APARATUR | 5 | ||||||||||
i. | Perencanaan kebutuhan pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi | 0.25 | ||||||||||
a. | Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan | Y/T | Ya | 1 | Seluruh ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai pada levelnya | Persekjen tentang Anjab & ABK, Capture bagian SDM Proyeksi Kebutuhan Pegawai MK dalam 5 tahun dr tahun 2024 sd 2028 Konsep Peta Jabatan 2024 | ||||||
b. | Penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan | A/B/C/D | A | 1 | Penempatan Pegawai hasil rekrutmen mengacu pada kebutuhan pegawai yang disusun per jabatan | Nota dinas rencana pengadaan PPPK MK 2024 Konsep Peta Jabatan Pegawai 2024 | ||||||
c. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja | Y/T | Ya | 1 | Monev dilakukan oleh SDM terhadap penempatan pegawai hasil rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja. | (SKP) e-Kinerja, Peta jabatan, Peta Kompetensi dan Potensi melalui Manajemen talenta (SIMANTAP) - Nodin penyesuain nomenklatur jabatan capture SDMO surat ke Menpan usulan nomenklatur jabatan - SK Sekjen perubahan noemnklatur jabatan, Nodin Usulan Pengngkatan & pemindahan Konsep Peta Jabatan 2024 | ||||||
ii. | Pola Mutasi Internal | 0.5 | ||||||||||
a. | Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan | Y/T | Ya | 1 | Dilakukan mutasi pegawai antar jabatan sebagai wujud dari pengembangan karier pegawai | SK penetapan Mutasi jabatan Surat Tugas Penempatan ASN - Februari 2024 | ||||||
b. | Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan | A/B/C/D/E | A | 1 | Konsep Peta Jabatan 2024 ST Penempatan ASN Februari 2024 | |||||||
c. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja | Y/T | Ya | 1 | ND Penyampaian Laporan Sementara Capaian Kinerja Pejabat Struktural Eselon II (Kepala Biro/Pusat/Inspektur) Bulan April s.d. Juni (Triwulan II) Tahun 2024 | |||||||
iii. | Pengembangan pegawai berbasis kompetensi | 1.25 | ||||||||||
a. | Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi | Y/T | Ya | 1 | Sudah dilakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi. | Nodin Usulan Diklat Teknis Pegawai, ST pelaksanaan diklat, sertifikat diklat Usulan Pengembangan Kompetensi Unit Kerja 2024-Puslit Nota Dinas Usulan Pengembangan Potensi dan Kompetensi Unit Kerja-Bagian Perencanaan untuk tahun 2024 | ||||||
b. | Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, apakah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai | A/B/C/D | A | 1 | Semua rencana pengembangan kompetensi pegawai mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai | Nodin Usulan Diklat dari Unit kerja dan telaahan dari Unit SDMO ND usulan pengembangan kompetensi bagian perencanaan 2024 ND usulan pengembangan kompetensi dari Pusat Penelitian untuk tahun 2024 | ||||||
c. | Tingkat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan | A/B/C/D | A | 1 | Jika persentase kesenjangan kompetensi pegawai dengan standar kompetensi yang ditetapkan sebesar <25% | Data Kompetensi pegawai dan telaahan pemenuhan kompetensi jabatan | ||||||
d. | Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya | A/B/C/D | A | 1 | seluruh pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya | Nodin Usulan Diklat Teknis Pegawai Unit Kerja, ST pelaksanaan diklat, sertifikat diklat ND usulan pengembangan kompetensi dari unit kerja-bagian perencanaan untuk tahun 2024 Nota Dinas Usulan Pengembangan Potensi dan Kompetensi Pusat Penelitian untuk tahun 2024 | ||||||
e. | Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (seperti pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, coaching, atau mentoring) | A/B/C/D | A | 1 | unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada seluruh pegawai | Nodin Usulan kegiatan pengembangan termasuk Recharging, internship, diklat bahasa inggris, dan diklat lainnya (ST, Sertifikat) Kamus Kompetensi yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan peningkatan kompetensi pegawai | ||||||
f. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja | A/B/C | A | 1 | Monev terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja telah dilakukan secara berkala, berupa Nodin laporan diklat dan SKP yang bersangkutan, laporan diklat dalam bentuk nodin yang diikuti oleh pegawai SDMO, laporan sekolah | Nodin laporan diklat dan SKP yang bersangkutan, laporan diklat dalam bentuk nodin yang diikuti oleh pegawai SDMO, laporan sekolah | ||||||
iv. | Penetapan kinerja individu | 2 | ||||||||||
a. | Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasi | A/B/C/D | A | 1 | Seluruh penetapan kinerja individu terkait dengan kinerja organisasi serta perjanjian kinerja selaras dengan sasaran kinerja pegawai (SKP) | Dokumen PK Biro SDMO, PK Pegawai Biro SDMO | ||||||
b. | Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya | A/B/C/D | A | 1 | Seluruh ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya serta menggambarkan logic model | Tapkin pegawai merupakan penjabaran dari atasan langsung Screenshot e-kinerja pegawai di tahun 2024 Screenshot e-kinerja pejabat Struktural MK di tahun 2024 | ||||||
c. | Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik | A/B/C/D/E | A | 1 | Pengukuran kinerja individu dilakukan secara bulanan | SKP bulanan (screenshot) pegawai SDMO, Karo, Kabag, Kassubag, Staff. | ||||||
d. | Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward | Y/T | Ya | 1 | Laporan Rekapitulasi kehadiran dan pengisian SKP guna Pembayaran HDPP, Tunkin dan Uang makan, Persekjen tentang pembayaran tunkin, HDPP, dan Screenshoot pembayaran tunkin, Hdpp | Laporan Rekapitulasi kehadiran dan pengisian SKP guna Pembayaran HDPP, Tunkin dan Uang makan, Persekjen tentang pembayaran tunkin, HDPP, dan Screenshoot pembayaran tunkin, Hdpp | ||||||
v. | Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai | 0.75 | ||||||||||
a. | Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan | A/B/C/D | A | 1 | Dengan di Tandatangani Persekjen disiplin ASN, Kode Etik Perilaku pegawai, Sosialiasasi dalam dashboard pegawai (Screenshoot), SE disiplin pegawai, SE jam kerja, SE WFH/WFO, Laporan disiplin pegawai, bentuk hukuman HD, persekjen tentang penetapan pegawai teladan (khususnya SDMO), laporan ketatausahaan Biro SDMO | Persekjen disiplin ASN, Kode Etik Perilaku pegawai, Sosialiasasi dalam dashboard pegawai (Screenshoot), SE disiplin pegawai, SE jam kerja, SE WFH/WFO, Laporan disiplin pegawai, bentuk hukuman HD, persekjen tentang penetapan pegawai teladan (khususnya SDMO), laporan Persekjen No. 70 tahun 2023 tentang sistem kerja dan disiplin pegawai | ||||||
vi. | Sistem Informasi Kepegawaian | 0.25 | ||||||||||
a. | Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala | A/B/C | A | 1 | Screenshot sistem informasi kepegawaian 2024-1 screenshot update sistem informasi kepegawaian-2 | |||||||
4. | PENGUATAN AKUNTABILITAS | 5 | ||||||||||
i. | Keterlibatan pimpinan | 2.5 | ||||||||||
a. | Unit kerja telah melibatkan pimpinan secara langsung pada saat penyusunan perencanaan | A/B/C | A | 1 | Pimpinan selalu memberikan arahan pada setiap rapat terkait penyusunan Dokumen Renstra, Casecading Kinerja, Perencanaan Anggaran beserta Screenshoot, Undangan Rapat, Daftar hadir | SK Tim Penyusunan Renstra 2025-2029 SK Sekjen 200 Tahun 2024 perubahan ketiga tentang Indikator Kinerja Utama Undangan, 6 Mei 2024. Dialog Kinerja Undangan Peserta Rev Renstra, 22-24 Feb 2024 Kegiatan Konsinyering Renstra 2025-2029 Undangan Penyempurnaan IKU 6-7 April 2024 undangan Pembahasan usulan pagu indikatif TA 2025 | ||||||
b. | Unit kerja telah melibatkan secara langsung pimpinan saat penyusunan penetapan kinerja | A/B/C | A | 1 | Pimpinan selalu terlibat dalam penyusunan Perjanjian Kinerja (PK), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Renaksi ZI & Renaksi RB, Usulkan dilakukan rapat dialog dan evaluasi kinerja, Screenshoot, Undangan rapat, daftar hadir rapat. Nota dinas penyeseuaian PK 2023/2024, Capaian Kinerja | Undangan Penyempurnaan IKU 6-7 April 2024 Nodin Penyampaian Dokumen Rencana Kinerja Tahunan (RKT) dan Perjanjian Kinerja (PK) 2024 Notisi atas Renaksi RB pada Indikator ”Sistem Merit”2024 Undangan Rapat Pembahasan Tindak Lanjut ZI, tgl 1 Juli 2024 | ||||||
c. | Pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala | A/B/C/D | A | 1 | Pimpinan selalu memanatau dan mengevaluasi setiap perkembangan SKP, eKinerja, eReporting, Manajemen Talenta, Sivika (rapat evaluasi, Undangan rapat, daftar hadir, Screenshoot), rapat pembahasan hasil survey kinerja | Laporan Penilaian Kinerja Tahun 2022 Usulan Penyesuaian Rencana Hasil Kerja (RHK) di E-Kinerja BKN untuk mengakomodir kinerja Pegaawai Nodin Permohonan Persetujuan Kegiatan Rapat Pembahasan Penerapan E-Kinerja Undangan Rapat Penerapan Aplikasi E-Kinerja BKN hari Kamis tanggal 7 Maret 2024. Undangan Kegiatan Rapat Penyusunan Laporan Keuangan Mahkamah Konstitusi TA 2023 (Unaudited) dan Penyusunan Aplikasi SIVIKA dan E-kinerja (LAKIP) Undangan Rapat Manajemen Talenta Tahun 2024 Perkembangan Pelaksanaan Survei Indeks Layanan Administrasi Umum 2024 Permohonan Izin Pelaksanaan Kegiatan Survei Indeks Layanan Administrasi 2024 | ||||||
ii. | Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja | 2.5 | ||||||||||
a. | Dokumen perencanaan kinerja sudah ada | Y/T | Ya | 1 | Dokumen Renstra, Cascading Kinerja, PK, RKT sudah disusun dan sudah tersedia | Renstra 2020-2024 | ||||||
b. | Perencanaan kinerja telah berorientasi hasil | Y/T | Ya | 1 | Dokumen Renstra, Cascading Kinerja, PK, RKT, IKU mengacu pada hasil yang sudah direncanakan dan disepakati | Renstra 2020-2024 | ||||||
c. | Terdapat penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU) | Y/T | Ya | 1 | Sudah ditandatangani Keputusan Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi tentang Indikator Kinerja Utama oleh Sekretaris Jenderal, Persekjen tentang Survey, Cascading Biro SDMO | SK Penerapan IKU | ||||||
d. | Indikator kinerja telah telah memenuhi kriteria SMART | A/B/C/D | A | 1 | Indikator Kinerja sudah disusun secara SMART | Cascading Screenshot isian e-kinerja di tahun 2024 | ||||||
e. | Laporan kinerja telah disusun tepat waktu | Y/T | Ya | 1 | Laporan Akuntabilitas Kinerja Biro SDMO sudah disusun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan | Lakip Biro SDMO Tahun 2023 | ||||||
f. | Laporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja | A/B/C | A | 1 | Lakip disusun untuk memberikan informasi kinerja Biro SDMO Tahun 2022 secara transparan dan akuntabel | LAKIP BIRO SDMO 2022 Lakip Biro SDMO 2023 | ||||||
g. | Terdapat sistem informasi/mekanisme informasi kinerja | Y/T | Ya | 1 | Pegawai diikutkan dalam kegiatan diklat/pengembangan yang bertujuan mendapatkan Sertifikat diklat manajemen resiko, Sertifikat Diklat PPBJ/Sosialisasi PPBJ, Diklat/Sosialisasi SIVIKA, Sertifikat diklat TNA, sosialisasi e-SOP, Ijazah tugas/Izin belajar. | Laporan Tubel SK Tugas Belajar | ||||||
h. | Unit kerja telah berupaya meningkatkan kapasitas SDM yang menangangi akuntabilitas kinerja | A/B/C | A | 1 | Pengelolaan akuntabilitas dilaksanakan oleh SDM yang kompeten, yaitu dengan adanya sertifikasi yang dimiliki oleh pegawai di Unit SDMO | Laporan Tubel Tugas Belajar Keterangan Lulus | ||||||
5. | PENGUATAN PENGAWASAN | 7.5 | ||||||||||
i. | Pengendalian Gratifikasi | 1.5 | ||||||||||
a. | Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi | A/B/C | A | 1 | Public Campaign telah dilakukan oleh Biro SDMO secara berkala. | Digital Display Stop Gratifikasi. | ||||||
b. | Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan | A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO telah mengimplementasikan pengendalian gratifikasi. | Laporan Monitoring Pengendalian Gratifikasi dengan dilakukannya Bimtek Manajemen Resiko dalam Menghadapi Pilpres dan Pileg | ||||||
ii. | Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) | 1.5 | ||||||||||
a. | Telah dibangun lingkungan pengendalian | A/B/C/D/E | A | 1 | Biro SDMO mendukung kegiatan penyelenggaraan SPIP | SK SJ | ||||||
b. | Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan | A/B/C/D/E | A | 1 | Biro SDMO telah melakukan penilaian risiko atas seluruh pelaksanaan kebijakan sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait lingkungan pengendalian yang sesuai dengan karakteristik unit kerja | Nodin Laporan Profil Resiko, laporan penilaian resiko Biro SDMO Ta 2022 | ||||||
c. | Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO telah melakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir resiko sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait kegiatan pengendalian untuk meminimalisir resiko yang sesuai dengan karakteristik unit kerja | Monitoring Profil Risiko | ||||||
d. | SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO telah menginformasikan dan menyampaikan kepada seluruh pihak terkait | Nodin Laporan Profil Resiko, laporan penilaian resiko Biro SDMO Ta 2022, Kode etik pegawai | ||||||
iii. | Pengaduan Masyarakat | 1.5 | ||||||||||
a. | Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO mengimplementasikan seluruh kebijakan pengaduan masyarakat sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait pengaduan masyarakat yang sesuai dengan karakteristik unit kerja melalui SK SJ | SK SP4N Lapor | ||||||
b. | pengaduan masyarakat dtindaklanjuti | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO telah menindaklanjuti Pengaduan masyarakat (Triwulan 1) | Laporan Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat Triwulan 1 | ||||||
c. | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO telah melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala penanganan pengaduan masyarakat. | SIKD laporan pengaduan masyarakat biro SDMO | ||||||
d. | Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO menindaklanjuti hasil evaluasi atas penanganan pengaduan Triwulan 2 | Laporan Tindak Lanjut Pengaduan Masyarakat Triwulan 2 | ||||||
iv. | Whistle-Blowing System | 1.5 | ||||||||||
a. | Whistle Blowing System telah diterapkan | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO menerapkan seluruh kebijakan Whistle Blowing System sesuai dengan yang ditetapkan organisasi dan juga membuat inovasi terkait pelaksanaan Whistle Blowing System yang sesuai dengan karakteristik unit kerja | Persekjen tentang WBS, laporan WBS | ||||||
b. | Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System | A/B/C | A | 1 | Penerapan Whistle Blowing System dimonitoring dan evaluasi secara berkala | Laporan Evaluasi TW 1 | ||||||
c. | Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti | A/B/C | A | 1 | seluruh hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti oleh unit kerja | Laporan Penanganan WBS | ||||||
v. | Penanganan Benturan Kepentingan | 1.5 | ||||||||||
a. | Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama | A/B/C/D | A | 1 | Identifikasi/pemetaan benturan kepentingan pada seluruh tugas fungsi utama | SK Sekjen 35.7 Tahun 2018 tentang Benturan Kepentingan | ||||||
b. | Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi | A/B/C/D | A | 1 | penanganan Benturan Kepentingan disosialiasikan/diinternalisasikan ke seluruh layanan | Sertifikat Kegiatan Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi dan Benturan kepentingan. | ||||||
c. | Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan | A/B/C/D | A | 1 | Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan | Laporan Penanganan Benturan Kepentingan Semester II | ||||||
d. | Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan | A/B/C | A | 1 | Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan | Laporan Penanganan Benturan Kepentingan Semester II | ||||||
e. | Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti | A/B/C | A | 1 | Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti | Laporan Benturan Kepentingan Semester II | ||||||
6. | PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK | 5 | ||||||||||
i. | Standar Pelayanan | 1 | ||||||||||
a. | Terdapat kebijakan standar pelayanan | A/B/C/D/E | A | 1 | Terdapat penetapan Standar Pelayanan terhadap seluruh jenis pelayanan, dan sesuai asas serta komponen standar pelayanan publik yang berlaku | SK Sekjen no 31 tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Publik, Draft Persekjen tentang Standar Pelayanan Kesehatan, Pedoman magang, draft Persekjen ttng magang, SOP pelayanan kesehatan dan pelayanan magang | ||||||
b. | Standar pelayanan telah dimaklumatkan | A/B/C/D | A | 1 | Standar pelayanan telah dimaklumatkan pada seluruh jenis pelayanan dan dipublikasikan di website dan media lainnya | Screenshoot maklumat pelayanan pada laman MK Laporan Sosialisasi SE Menpan terkait Standar Pelayanan Publik | ||||||
c. | Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan | A/B/C/D | A | 1 | Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan dilakukan dengan melibatkan stakeholders (antara lain : tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, dan lembaga swadaya masyarakat), serta memanfaatkan masukan hasil SKM dan pengaduan masyarakat | Nodin telaahan persekjen ttg pelayanan kesehatan hakim dan pegawai ke biro HAK, Undangan pembahasan perbaikan hasil review biro HAK - bu dede - dokumen akan disusun Nota Dinas Kegiatan Review Standar Pelayanan di tahun 2023 Surat KeMenpanRB terkait Kegiatan Evaluasi Pelayanan Publik di MK tahun 2024 | ||||||
d. | telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO telah melakukan publikasi atas tandar pelayanan dan maklumat pelayanan | Screenshoot maklumat pelayanan pada laman MK | ||||||
ii. | Budaya Pelayanan Prima | 1 | ||||||||||
a. | Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan prima | A/B/C/D/E | A | 1 | Telah dilakukan pelatihan/sosialisasi pelayanan prima secara berkelanjutan dan terjadwal, sehingga seluruh petugas/pelaksana layanan memiliki kompetensi sesuai kebutuhan jenis layanan serta telah dan terdapat monev yang melihat kemampuan/kecakapan petugas/pelaksana layanan | Nodin Usulan perpanjangan izin Surat Tanda Registrasi, nodin usulan diklat kepegawaian, pelaksanaan (sertifikat) seminar - diklat dokter, Nodin usulan diklat/seminar, surat tugas, sertifikat, Nodin usulan magang, pelaksanaan magang, screenshot pelaksanaan magang, Surat Tugas Mentor magang | ||||||
b. | Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media | A/B/C/D | A | 1 | Seluruh Informasi tentang pelayanan dapat diakses secara online (website/media sosial) dan terhubung dengan sistem informasi pelayanan publik nasional | Screenshoot pelayanan magang pada laman MK, dan mobile klik MK, ePoliklinik (screenshoot), IG MK info tentang pengumuman Magang 2022 Screenshot layanan contact MK yang dapat diakse secara online dan terbuka di tahun 2024 | ||||||
c. | Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan | A/B/C/D | A | 1 | terdapat kebijakan pemberian penghargaan dan sanksi yang minimal memenuhi unsur penilaian: disiplin, kinerja, dan hasil penilaian pengguna layanan, dan telah diterapkan secara rutin/berkelanjutan | Persekjen tentang reward/insentif, dan persekjen ttg pelaksanaan disiplin pegawai, persekjen nomo 11 tahun 2011 majelis kode etik pegawai | ||||||
d. | Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar | A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO telah menyusun sistem pemberian kompensasi bila layanan tidak sesuai standar bagi penerima layanan di seluruh jenis layanan | Membuat Nodin usulan pemberian kompensasi terkait layanan yang tidak sesuai standar, seperti pemberian bahan publikasi, jurnal MK, dan majalah konsitusi | ||||||
e. | Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi | A/B/C/D | A | 1 | seluruh pelayanan sudah dilakukan secara terpadu/terintegrasi | Screenshoot layanan terpadu pada laman MK, dan mobile klik MK, ePoliklinik (screenshoot) | ||||||
f. | Terdapat inovasi pelayanan | A/B/C/D/E | A | 1 | Biro SDMO telah memiliki inovasi pelayanan yang berbeda dengan unit kerja lain dan mendekatkan pelayanan dengan masyarakat serta telah direplikasi | penggunaan aplikasi e-poliklinik, magang on line (screenshoot pelaksanaan magang on line) nodin pelaksanaan magang online, IG MK tentang magang di MK, Twiter magang MK screenshot contact mk yang memiliki layanan spt magang dan penelitian yang dapat dilaksanakan pendaftarannya secara online di tahun 2024 | ||||||
iii. | Pengelolaan Pengaduan | 1 | ||||||||||
a. | Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor! | A/B/C/D/E | A | 1 | media konsultasi dan pengaduan secara offline dan online, tersedia petugas khusus yang menangani, dan terintegrasi dengan SP4N-LAPOR | Screenshot website mkri.id | ||||||
b. | Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan | A/B/C | A | 1 | Unit yang menangani span lapor di inspektorat | SK - SPAN LAPOR di Inspektorat | ||||||
c. | Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi | A/B/C | A | 1 | Ada evaluasi penanganan keluhan/masukan konsultasi secara berkala | Nodin ke Inspekturat untuk permohonan data perihal, keluhan dan konsultasi | ||||||
iv. | Penilaian kepuasan terhadap pelayanan | 1 | ||||||||||
a. | Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan | A/B/C/D/E | A | 1 | Survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dilakukan minimal 4 kali dalam setahun | Hasil Survey yang dilaksanakan oleh Biro Perencanaan | ||||||
b. | Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka | A/B/C | A | 1 | Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara online (website, media sosial, dll) dan offline | website mkri.id - Screenshot administrasi umum - pelayanan publik | ||||||
c. | Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat | A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO melakukan tindak lanjut atas seluruh hasil survei kepuasan masyarakat | Nodin rapat, undangan rapat hasil rapat, screenshoot peserta rapat, - (data di biro perencanaan 2020) chatroom, laporan skm-rapat pembahasan survey | ||||||
v. | Pemanfaatan Teknologi Informasi | 1 | ||||||||||
a. | Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan | A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO menggunakan teknologi informasi pada seluruh proses pemberian layanan | website mkri.id, aplikasi epoliklinik, magang online, twitter, IG MK, SIMANTAP, MySAPK, SAPK, IPASN, SIMPEG, e-RB, e-SOP, Microsite. SIKD (Screenshot saja) | ||||||
b. | Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi | Y/T | Ya | 1 | Biro SDMO telah membangun database pelayanan yang terintegrasi | Website mkri.id, Microsite, SIKD(SIMANTAP) (screenshot) | ||||||
c. | Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus | A/B/C | A | 1 | Biro SDMo melakukan perbaikan secara terus-menerus | Nodine usulan revisi conten/tampilan microsite, rapat tentang manajemen talenta, SK pemeliharaan aplikasi e-RB. | ||||||
II. | REFORM | |||||||||||
1. | MANAJEMEN PERUBAHAN | 4 | ||||||||||
i. | Komitmen dalam perubahan | 2 | ||||||||||
a. | Agen perubahan telah membuat perubahan yang konkret di Instansi (dalam 1 tahun) | 0-100% | 100% | 1.00 | Agen perubahan akan membuat perubahan yang konret di instansi | SK Agen perubahan Biro SDMO 2024 | ||||||
|
Jumlah | 2 | Terdapat dua orang agen perubahan di Biro SDMO | SK agen perubahan Biro SDMO 2024 | ||||||||
|
Jumlah | 3 | Perubahan yang akan dibuat sebanyak 2 perubahan: 1. Update Aplikasi E-SOP 2. Integrasi e-kinerja dengan pengisian SKP pegawai MK dengan Aplikasi E Kinerja My ASN BKN. 3. Manajemen Talenta yang diimplementasikan dalam Aplikasi Simantap | Aplikasi e-SOP SOPAN.MKRI.ID E Kinerja BKN sudah terintegrasi dengan pengisian SKP MK | Screenshot aplikasi simantap sebagai implementasi manajemen talenta. | |
||||||||
b. | Perubahan yang dibuat Agen Perubahan telah terintegrasi dalam sistem manajemen | 0-100% | 100% | 1.00 | Perubahan yang dibuat Agen Perubahan telah terintegrasi dalam sistem manajemen | Aplikasi e-SOP Aplikasi E Kinerja BKN sudah terintegrasi dengan Pengisian SKP pegawai MK. |
||||||
|
Jumlah | 3 | jumlah perubahan yang dibuat oleh Agen Perubahan yaitu: 1) aplikasi e-SOP 2) Integrasi E-Kinerja BKN dengan pengisian SKP MK 3) Implementasi Manajemen Talenta dalam aplikasi Simantap | aplikasi e-SOP Integrasi E-Kinerja BKN dengan pengisian SKP MK | Implementasi Manajemen Talenta dalam Aplikasi Simantap | |
||||||||
|
Jumlah | 3 | 1) aplikasi e-SOP merupakan perubahan yang telah diintegrasikan dalam sistem manajemen 2) Aplikasi E Kinerja BKN yang telah terintegrasi dengan pengisian SKP MK 3) Manajemen Talenta terimplementasi dalam aplikasi simantap | aplikasi e sop Screenshot Aplikasi E kinerja BKN yang telah terintegrasi dengan pengisian SKP MK | Screenshot Manajemen Talenta dalam Aplikasi SImantap. | |
||||||||
ii. | Komitmen Pimpinan | 1 | ||||||||||
a. | Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya target capaian reformasi yang jelas di dokumen perencanaan | A/B/C/D/E | A | 1 | Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya target capaian reformasi yang jelas di dokumen perencanaan | Dokumen renaksi ZI, RB, rapat monev zi/rb, undangan, nodin, screenshoot kegiatan rapat dan evaluasi | ||||||
iii. | Membangun Budaya Kerja | 1 | ||||||||||
a. | Instansi membangun budaya kerja positif dan menerapkan nilai-nilai organisasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari | A/B/C/D | A | 1 | Instansi membangun budaya kerja positif dan menerapkan nilai-nilai organisasi serta sosialisasi core value ASN BerAKHLAK dalam pelaksanaan tugas sehari-hari | SE Kode etik pegawai 2021, Foto Kode etik Tembok depan di lift, Screenshot Kode etik pegawai di Dasbhoard pegawai Pelaksanaan coffee morning sebagai wadah sosialisasi core value ASN BerAKHLAK |
||||||
2. | PENATAAN TATALAKSANA | 3.5 | ||||||||||
i. | Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan | 0.5 | ||||||||||
a. | Telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan | A/B/C/D | A | 1 | PERATURAN PROBIS | PERATURAN PROBIS | ||||||
ii. | Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi | 1 | ||||||||||
a. | Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien | A/B/C | A | 1 | Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien | Hasil Evaluasi SPBE MK 2023 | ||||||
b. | Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien | A/B/C | A | 1 | Layanan SPBE biro SDMO telah memberikan kemudahan bagi Masyarakat bagi SPBE | LAYANAN TRANSFORMASI DIGITAL SK Tim Koordinasi SPBE MK 2024 TIM PENYUSUN ARSITEKTUR DAN PETA RENCANA SISTEM PERADILAN BERBASIS ELEKTRONIK (SPBE E-Court) DI LINGKUNGAN KEPANITERAAN DAN SEKRETARIAT JENDERAL MAHKAMAH KONSTITUSI |
||||||
iii. | Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat | 2 | ||||||||||
a. | Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal | A/B/C/D/E | A | 1 | Trasformasi digital bidang probis memberi manfaat bagi Biro SDMO secara optimal | Pengisian SKP MK sudah terintegrasi dengan E Kinerja BKN. Aplikasi SIKD terintegrasi dengan Penilaian Manajemen Talenta Simantap untuk menilai response time. |
||||||
b. | Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal | A/B/C/D/E | A | 1 | Transformasi digital bidang administrasi bermanfaat bagi Biro SDMO secara optimal | Pengisian SKP MK sudah terintegrasi dengan E Kinerja BKN Aplikasi SIKD terintegrasi dengan Penilaian Manajemen Talenta Simantap untuk menilai response time. |
||||||
c. | Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal | A/B/C/D/E | A | 1 | Hasil survey layanan publik Biro SDMO seperti pelaksanaan magang dan survey kepuasan layanan | Pengisian SKP MK sudah terintegrasi dengan E Kinerja BKN Aplikasi SIKD terintegrasi dengan Penilaian Manajemen Talenta Simantap untuk menilai response time. Hasil Survey Layanan Magang dalam Laporan Kegiatan Magang. |
||||||
3. | PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM APARATUR | 5 | ||||||||||
i. | Kinerja Individu | 1.5 | ||||||||||
a. | Ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai pada levelnya | A/B/C | A | 1 | Ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai level | SKP, e-Kinerja, LAKIP Biro SDMO screenshot skp pegawai Screenshot ekinerja BKN yang terintegrasi dengan pengisian SKP pegawai MK Screenshot e-kinerja pejabat struktural MK yang terintegrasi dengan BKN |
||||||
ii. | Assessment Pegawai | 1.5 | ||||||||||
a. | Hasil assement telah dijadikan pertimbangan untuk mutasi dan pengembangan karir pegawai | A/B/C | A | 1 | Biro SDMO mempertimbangkan hasil asesmen dalam melaksanakan mutasi dan pengembangan karir pegawai | Hasil Asesmen PPM (eselon II dan PM), asesmen PP, eselon IV, III Tahun 2017, laporan hasil asesmen 360 MT Berita Acara Kegiatan Pemetaan Potensi dan Kompetensi Pegawai 2024 |
||||||
iii. | Pelanggaran Disiplin Pegawai | 2 | ||||||||||
a. | Penurunan pelanggaran disiplin pegawai | 0-100% | 100% | 1.00 | Disiplin pegawai meningkat | Laporan disiplin pegawai 2019-2021 sesuai dengan Persekjen MK noor 47 tahun 2021 (data dede), Nodin Laporan Persekjen tentang Sistem Kerja dan Disiplin ASN 2023 |
||||||
|
Jumlah | 1 | Laporan disiplin pegawai juni 2022 dan juni 2023 perbandingan antar tahun | Laporan disiplin pegawai juni 2022 Laporan disiplin pegawai juni 2023 | |
||||||||
|
Jumlah | Tahun 2023 di Biro SDMO belum terjadi pelanggaran disiplin | Daftar Tindakan disiplin pegawai 2023 Laporan Pembinaan disiplin pegawai bulan Mei 2023 | Laporan Pembinaan Disiplin Januari 2024 | Laporan Pembinaan Disiplin Pegawai bulan Februari 2024 | |
|||||||||
|
Jumlah | 1 | Laporan disiplin pegawai 2021-2022 Nota Dinas Laporan Pembinaan Disiplin Pegawai Juni 2023 | Laporan Pembinaan Disiplin Januri bulan Janurai 2024 | Laporan Pembinaan Disiplin Pegawai Februari 2024 | |
|||||||||
4. | PENGUATAN AKUNTABILITAS | 5 | ||||||||||
i. | Meningkatnya capaian kinerja unit kerja | 2 | ||||||||||
a. | Persentase Sasaran dengan capaian 100% atau lebih | 0-100% | 91.67% | 0.92 | Persentase sasaran dengan capaian 100% atau lebih | Lakip Biro SDMO 2023 | ||||||
|
Jumlah | 13 | Biro SDMO telah menetapkan capaian kinerja sebanyak 13 target kinerja | Lakip Biro SDMO | ||||||||
|
Jumlah | 13 | Biro SDMO berhasil mencapai kinerja sebesar 100% sebanyak 12 target kinerja tahun 2022 | LAKIP Biro SDMO | ||||||||
ii. | Pemberian Reward and Punishment | 1.5 | ||||||||||
a. | Hasil Capaian/Monitoring Perjanjian Kinerja telah dijadikan dasar sebagai pemberian reward and punishment bagi organisasi | A/B/C/D | A | 1 | Pemberian reward and punishmen mendasarkan pada capaian/monitoring Perjanjian Kinerja | Persekjen tunkin | ||||||
iii. | Kerangka Logis Kinerja | 1.5 | ||||||||||
a. | Apakah terdapat penjenjangan kinerja ((Kerangka Logis Kinerja) yang mengacu pada kinerja utama organisasi dan dijadikan dalam penentuan kinerja seluruh pegawai? | A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO menyusun cascading (penjenenjangan) dengan mengacu pada kinerja utama organisasi | Cascading | ||||||
5. | PENGUATAN PENGAWASAN | 7.5 | ||||||||||
i. | Mekanisme Pengendalian | 0 | ||||||||||
a. | Telah dilakukan mekanisme pengendalian aktivitas secara berjenjang | A/B/C/D/E | A | 1 | Biro SDMO telah melakukan mekanisme pengendalian aktivitas secara berjenjang. | SK ttg Pedoman Pengendalian Gratifikasi MK Tahun 2023 | ||||||
ii. | Penanganan Pengaduan Masyarakat | 3 | ||||||||||
a. | Persentase penanganan pengaduan masyarakat | 0-100% | 100% | 1.00 | Tidak ada pengaduan masyarakat. | Tidak ada pengaduan masyarakat. | ||||||
|
Jumlah | Tidak ada pengaduan masyarakat. | Tidak ada pengaduan masyarakat. | |||||||||
|
Jumlah | Tidak ada pengaduan masyarakat. | Tidak ada pengaduan masyarakat. | |||||||||
|
Jumlah | Tidak ada pengaduan masyarakat. | Tidak ada pengaduan masyarakat. | |||||||||
iii. | Penyampaian Laporan Harta Kekayaan | 2 | ||||||||||
i. | Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) | 1 | ||||||||||
- | Persentase penyampaian LHKPN | 0-100% | 100% | 1.00 | Seluruh Pegawai Biro SDMO telah menyampaikan LHKPN | Dokumen Penyerahan LHPKN | ||||||
- | Jumlah yang harus melaporkan | Jumlah | 1 | 1.00 | Kepala Biro SDM dan Organisasi | Kepala Biro SDM dan Organisasi | ||||||
|
Jumlah | 1 | Kepala Biro SDM dan Organisasi | Penyerahan LHKPN | ||||||||
|
Jumlah | 1 | Kepala Biro SDM dan Organisasi | Kepala Biro SDM dan Organisasi | ||||||||
|
Jumlah | |||||||||||
- | Jumlah yang sudah melaporkan | Jumlah | 1 | 1.00 | Kepala Biro SDM dan Organisasi | Kepala Biro SDM dan Organisasi | ||||||
- | Jumlah yang sudah melaporkan | Jumlah | 20 | 20.00 | Pegawai Eselon III, IV, dan Pejabat Fungsional dan Pelaksana | Pegawai Eselon III, IV, dan Pejabat Fungsional dan Pelaksana | ||||||
i. | Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Non LHKPN (Tidak Wajib LHKPN) | 1 | ||||||||||
- | Persentase penyampaian Non LHKPN | 0-100% | 100% | 1.00 | Seluruh Pegawai pada Biro SDM dan Organisasi | Seluruh Pegawai pada Biro SDM dan Organisasi | ||||||
- | Jumlah yang harus melaporkan (tidak wajib LHKPN) | Jumlah | 20 | 20.00 | Pegawai Eselon III, IV, dan Pejabat Fungsional dan Pelaksana | Pegawai Eselon III, IV, dan Pejabat Fungsional dan Pelaksana | ||||||
|
Jumlah | 1 | Eselon III pada Biro SDM dan Organisasi | Eselon III pada Biro SDM dan Organisasi | ||||||||
|
Jumlah | 4 | Eselon IV pada Biro SDM dan Organisasi | Eselon IV pada Biro SDM dan Organisasi | ||||||||
|
Jumlah | 15 | Pelaksana pada Biro SDM dan Organisasi | Pelaksana pada Biro SDM dan Organisasi | ||||||||
- | Jumlah yang sudah melaporkan | Jumlah | 0.00 | |||||||||
6. | PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK | 5 | ||||||||||
i. | Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik | 2.5 | ||||||||||
a. | Upaya dan/atau inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik pada: 1. Kesesuaian Persyaratan 2. Kemudahan Sistem, Mekanisme, dan Prosedur 3. Kecepatan Waktu Penyelesaian 4. Kejelasan Biaya/Tarif, Gratis 5. Kualitas Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan 6. Kompetensi Pelaksana/Web 7. Perilaku Pelaksana/Web 8. Kualitas Sarana dan prasarana 9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan |
A/B/C/D | A | 1 | Biro SDMO Sudah melakukan penyesuaian inovasi dalam mendorong perbaikan pelayanan publik, yaitu dengan melakukan inovasi berupa peningkatan layanan berbasis elektronik | Website MKRI.id, kegiatan magang online, pendaftaran magang on line dan melalui media sosial Screenshot layanan contact mk meliputi diantaranya magang, penelitian di tahun 2024 |
||||||
b. | Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah: 1. Waktu lebih cepat 2. Pelayanan Publik yang terpadu 3. Alur lebih pendek/singkat 4 Terintegrasi dengan aplikasi |
0-100% | 100% | 1.00 | Biro SDMO melakukan inovasi pendaftaran magang online | Pelaksanaan kegiatan magang | ||||||
|
Jumlah | 1 | MK atau Biro SDMO tidak memiliki kewenangan dalam menerbitkan perizinan, akan tetapi Biro SDMO memiliki kewenangan untuk menerima mahasiswa magang dan selama ini berjalan online karena pandemi Covid19 | Proses Penerimaan Magang | ||||||||
|
Jumlah | 1 | MK atau Biro SDMO tidak memiliki kewenangan dalam menerbitkan perizinan, akan tetapi Biro SDMO memiliki kewenangan untuk menerima mahasiswa magang dan selama ini berjalan online karena pandemi Covid19 | Pendaftaran Magang online | ||||||||
ii. | Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi | 2.5 | ||||||||||
a. | Penanganan pengaduan pelayanan dilakukan melalui berbagai kanal/media secara responsive dan bertanggung jawab | A/B/C/D | A | 1 | MK sudah melakukan penanganan pengaduan masyarakat melalui berbagai kanal/media secara responsive, dimana Biro SDMO turut serta dalam memanfaatkan media sebagai kanal dalam upaya meningkatkan responsifitas penanganan pengaduan masyarakat | SP4N Lapor!, whistleblowing sistem, tanya jawab, email mkri | ||||||
B | HASIL | |||||||||||
I. | BIROKRASI YANG BERSIH DAN AKUNTABEL | |||||||||||
a. | Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) | 17.5 | 0-4 | 3.57 | 3.57 | Biro SDMO telah melakukan survei persepsi anti korupsi kepada responden yang dilaksnakan pada bulan Mei 2023 dan telah menyusun laporan kegiatan laporan survei persepsi anti korupsi dan telah menyusun tindaklanjuti rekomendasi terhadap nilai terendah mulai bulan Juni - Desember 2023 | Hasil Survei 3.556 (konversi :88,9) sangat baik A | |||||
b. | Capaian Kinerja Lebih Baik dari pada Capaian Kinerja Sebelumnya | 5 | 0-100% | 4.17% | 0.04 | Biro SDMO telah menyelesaikan target kinerja tahun 2022 dengan lebih baik dari target kinerja tahun sebelumnya dengan mengacu pada perjanjian kinerja (PK) BIRO SDMO dan dituangkan kedalam Laporan kinerja instansi pemerintah Biro SDMO | Nilai Lakip Biro SDMO Tahun 2022 | |||||
II. | PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA | |||||||||||
a. | Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) | 17.5 | 0-4 | 3.38 | 3.38 | Biro SDMO telah Melaksanakan survei persepsi kualitas pelayanan kepada responden pada bulan mei 2023 dan telah menyusun rencana tindaklanjut atas hasil sruvei tersebut | Hasil Survei Persepsi Kualitas Pelayanan |