Lembar Kerja Evaluasi Reformasi Birokrasi
Lembar Kerja Evaluasi (LKE) WBK Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi
KELOLA LKE | |||||||
KODE | PENILAIAN | BOBOT | PENJELASAN | PIL JWB | JAWABAN | NILAI | BUKTI DUKUNG |
---|---|---|---|---|---|---|---|
A | PENGUNGKIT | 60.000 | |||||
A.I | PEMENUHAN- | 20.000 | |||||
A.I.1 | MANAJEMEN PERUBAHAN- | 2.000 | |||||
A.I.1.i | Tim Reformasi Birokrasi | 0.400 | |||||
a. | Tim Reformasi Birokrasi telah dibentuk | 0.400 |
|
A/B/C | |||
b | Tim Reformasi Birokrasi telah melaksanakan tugas sesuai rencana kerja | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
c | Tim Reformasi Birokrasi telah melakukan monitoring dan evaluasi rencana kerja, dan hasil evaluasi telah ditindaklanjuti | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.1.ii | Road Map Reformasi Birokrasi | 0.400 | |||||
a | Road Map Reformasi Birokrasi telah disusun dan diformalkan | 0.400 | Road Map Reformasi Birokrasi telah disusun dan ditetapkan sebagai dokumen formal | Y/T | |||
b | Road Map Reformasi Birokrasi telah mencakup 8 area perubahan yang terintegrasi | 0.400 |
|
A/B/C | |||
c | Road Map Reformasi Birokrasi telah mencakup quick win | 0.400 |
|
A/B/C | |||
d | Penyusunan Road Map Reformasi Birokrasi telah melibatkan seluruh unit organisasi | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
e | Telah terdapat sosialisasi/internalisasi Road Map Reformasi Birokrasi kepada anggota organisasi | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.1.iii | Pemantauan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi | 0.800 | |||||
a | PMPRB telah direncanakan dan diorganisasikan dengan baik | 0.800 |
|
A/B/C/D | |||
b | Aktivitas PMPRB telah dikomunikasikan pada masing-masing unit kerja | 0.800 |
|
A/B/C/D | |||
c | Telah dilakukan pelatihan yang cukup bagi Tim Asessor PMPRB | 0.800 |
|
A/B/C/D | |||
d | Pelaksanaan PMPRB dilakukan oleh Asesor sesuai dengan ketentuan yang berlaku | 0.800 |
|
A/B/C/D | |||
e | Koordinator asesor PMPRB melakukan reviu terhadap kertas kerja asesor sebelum menyusun kertas kerja instansi | 0.800 |
|
A/B/C | |||
f | Para asesor mencapai konsensus atas pengisian kertas kerja sebelum menetapkan nilai PMPRB instansi | 0.800 |
|
A/B/C | |||
g | Rencana aksi tindak lanjut (RATL) telah dikomunikasikan dan dilaksanakan | 0.800 |
|
A/B/C | |||
A.I.1.iv | Perubahan pola pikir dan budaya kinerja | 0.400 | |||||
a | Terdapat keterlibatan pimpinan tertinggi secara aktif dan berkelanjutan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
b | Terdapat media komunikasi secara reguler untuk menyosialisasikan tentang reformasi birokrasi yang sedang dan akan dilakukan | 0.400 |
|
A/B/C/D/E | |||
c | Terdapat upaya untuk menggerakkan organisasi dalam melakukan perubahan melalui pembentukan agent of change ataupun role model | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.2 | DEREGULASI KEBIJAKAN | 2.000 | |||||
A.I.2.i | Harmonisasi | 1.000 | |||||
a. | Telah dilakukan identifikasi, analisis, dan pemetaan terhadap peraturan perundang-undangan yang tidak harmonis/sinkron/bersifat mengahmbat yang akan direvisi/dihapus | 1.000 |
|
A/B/C | |||
b | Telah dilakukan revisi peraturan perundang-undangan yang tidak harmonis/tidak sinkron/bersifat menghambat | 1.000 |
|
A/B/C | |||
- | Harmonisasi | 1.000 | |||||
A.I.2.ii | Sistem pengendalian dalam penyusunan peraturan perundang-undangan | 1.000 | |||||
a | Adanya Sistem pengendalian penyusunan peraturan perundangan yang mensyaratkan adanya Rapat Koordinasi, Naskah Akademis/kajian/policy paper, dan Paraf Koordinasi | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
b | Telah dilakukan evaluasi atas pelaksanaan sistem pengendalian penyusunan peraturan perundang-undangan | 1.000 |
|
A/B/C | |||
A.I.3 | PENATAAN DAN PENGUATAN ORGANISASSI | 3.000 | |||||
A.I.3.i | Penataan Organisasi | 1.000 | |||||
a | Telah disusun desain organisasi yang sesuai dengan rencana strategis | 1.000 |
|
A/B/C | |||
b | Telah dilakukan penyederhanaan tingkat struktur organisasi | 1.000 |
|
A/B/C | |||
c | Telah dirumuskan mekanisme hubungan dan koordinasi antara Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dengan Kelompok Jabatan Fungsional yang ditetapkan oleh pimpinan instansi. | 1.000 |
|
A/B/C | |||
d | Telah dilakukan pengalihan jabatan struktural ke jabatan fungsional sesuai kriteria unit organisasi yang berpotensi dialihkan. | 1.000 |
|
A/B/C | |||
e | Telah disusun kelompok jabatan fungsional yang sesuai dengan tugas dan fungsi unit organisasi | 1.000 |
|
A/B/C | |||
A.I.3.ii | Evaluasi Kelembagaan | 1.000 | |||||
a | Telah dilakukan evaluasi yang bertujuan untuk menilai ketepatan fungsi dan ketepatan ukuran organisasi | 1.000 |
|
A/B/C | |||
b | Telah dilakukan evaluasi yang mengukur jenjang organisasi | 1.000 |
|
A/B/C | |||
c | Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis kemungkinan duplikasi fungsi | 1.000 |
|
A/B/C | |||
d | Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis satuan organisasi yang berbeda tujuan namun ditempatkan dalam satu kelompok | 1.000 |
|
A/B/C | |||
e | Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis kemungkinan adanya pejabat yang melapor kepada lebih dari seorang atasan | 1.000 |
|
A/B/C | |||
f | Telah dilakukan evaluasi kesesuaian tugas dan fungsi dengan sasaran kinerja unit organisasi di atasnya | 1.000 |
|
A/B/C | |||
g | Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis rentang kendali terhadap struktur yang langsung berada di bawahnya | 1.000 |
|
A/B/C | |||
h | Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis kesesuaian struktur organisasi dengan kinerja yang akan dihasilkan | 1.000 |
|
A/B/C | |||
i | Telah dilakukan evaluasi atas kesesuaian struktur organisasi dengan mandat/kewenangan | 1.000 |
|
A/B/C | |||
j | Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis kemungkinan tumpang tindih fungsi dengan instansi lain | 1.000 |
|
A/B/C | |||
k | Telah dilakukan evaluasi yang menganalisis kemampuan struktur organisasi untuk adaptif terhadap perubahan lingkungan strategis | 1.000 |
|
A/B/C | |||
A.I.3.ii | Tindak Lanjut Evaluasi | 1.000 | |||||
a | Hasil evaluasi telah ditindaklanjuti dengan mengajukan perubahan organisasi | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
b | Hasil evaluasi telah ditindaklanjuti dengan penyederhanaan birokrasi | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.4 | PENATAAN TATA LAKSANA | 2.500 | |||||
A.I.4.i | Proses bisnis dan prosedur operasional tetap (SOP) | 0.500 | |||||
a | Telah disusun peta proses bisnis yang sesuai dengan pedoman penyusunan Peta Proses Bisnis Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah | 0.500 |
|
A/B/C | |||
b | Telah tersedia peta proses bisnis yang sesuai dengan tugas dan fungsi | 0.500 |
|
A/B/C | |||
c | Telah disusun peta proses bisnis yang sesuai dengan dokumen rencana strategis dan rencana kerja organisasi | 0.500 |
|
A/B/C | |||
d | Telah memiliki peta proses bisnis yang sesuai dengan tugas dan fungsi dan selaras dengan Kinerja Organisasi secara berjenjang | 0.500 |
|
A/B/C/D | |||
e | Peta proses bisnis sudah dijabarkan ke dalam prosedur operasional tetap (SOP) | 0.500 |
|
A/B/C/D | |||
f | Telah dilakukan penjabaran peta lintas fungsi (peta level n) ke dalam SOP | 0.500 |
|
A/B/C | |||
g | Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan | 0.500 |
|
A/B/C/D | |||
h | Peta proses bisnis dan Prosedur operasional telah dievaluasi dan disesuaikan dengan perkembangan tuntutan efisiensi, dan efektivitas birokrasi | 0.500 |
|
A/B/C/D | |||
i | Telah dilakukan evaluasi terhadap peta proses bisnis yang sesuai dengan efektivitas hubungan kerja antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan pendirian organisasi | 0.500 |
|
A/B/C | |||
A.I.4.ii | Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) | 1.500 | |||||
a | Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah memiliki Arsitektur SPBE | 1.500 |
|
A/B/C/D/E | |||
b | Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah memiliki Peta Rencana SPBE | 1.500 |
|
A/B/C/D/E | |||
c | Tim Koordinasi SPBE Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah melaksanakan tugas dan program kerjanya | 1.500 |
|
A/B/C/D/E | |||
d | Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah menerapkan Manajemen Layanan SPBE | 1.500 |
|
A/B/C/D/E | |||
e | Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah memiliki Layanan Kepegawaian Berbasis Elektronik | 1.500 |
|
A/B/C/D/E | |||
f | Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah memiliki Layanan Kearsipan Berbasis Elektronik | 1.500 |
|
A/B/C/D/E | |||
g | Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah memiliki Layanan Perencanaan, Penganggaran, dan Kinerja Berbasis Elektronik | 1.500 |
|
A/B/C/D/E | |||
h | Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah memiliki Layanan Publik Berbasis Elektronik | 1.500 |
|
A/B/C/D/E | |||
A.I.4.iii | Keterbukaan Informasi Publik | 0.500 | |||||
A.I.5 | PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM | 3.000 | |||||
A.I.5.i | Perencanaan Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Kebutuhan Organisasi | 0.200 | |||||
a | Rencana redistribusi pegawai telah disusun dan diformalkan | 0.200 | ya, apabila terdapat dokumen rencana redistribusi pegawai | Ya/Tidak | |||
b | Proyeksi kebutuhan 5 tahun telah disusun dan diformalkan | 0.200 | ya, apabila terdapat dokumen tentang proyeksi kebutuhan 5 tahun | Ya/Tidak | |||
c | Perhitungan formasi jabatan yang menunjang kinerja utama organisasi telah dihitung dan diformalkan | 0.200 |
|
A/B/C/D | |||
d | Perhitungan kebutuhan pegawai telah dilakukan sesuai kebutuhan organisasi | 0.200 |
|
A/B/C | |||
A.I.5.ii | Proses Penerimaan Pegawai Transparan, Objektif, Akuntabel, dan Bebas KKN | 0.400 | |||||
a | Pengumuman penerimaan diinformasikan secara luas kepada masyarakat | 0.400 |
|
A/B/C | |||
b | Pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan pasti (online) | 0.400 | Ya, apabila pendaftaran dapat dilakukan secara online dan dapat segera diperoleh informasi mengenai kepastian status pendaftaran. | Ya/Tidak | |||
c | Persyaratan jelas, tidak diskriminatif | 0.400 | Ya, apabila terdapat kejelasan persyaratan administrasi dan kompetensi. Persyaratan memberikan kesempatan luas kepada masyarakat. | Ya/Tidak | |||
d | Proses seleksi transparan, objektif, adil, akuntabel dan bebas KKN | 0.400 | Ya, apabila proses seleksi jelas kriteria dan prosesnya, tidak terjadi KKN, dan dapat dipertanggungjawabkan. | Ya/Tidak | |||
e | Pengumuman hasil seleksi diinformasikan secara terbuka | 0.400 | Ya, apabila Pengumuman hasil seleksi dapat diakses oleh publik dengan mudah | Ya/Tidak | |||
A.I.5.iii | Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi | 0.200 | |||||
a | Telah ada standar kompetensi jabatan | 0.200 | Ya, apabila terdapat kebijakan tentang kompetensi jabatan | Ya/Tidak | |||
b | Telah dilakukan asessment pegawai | 0.200 |
|
A/B/C/D | |||
c | Telah disusun rencana pengembangan kompetensi dengan dukungan anggaran yang mencukupi | 0.200 |
|
A/B/C/D | |||
d | Telah dilakukan pengembangan pegawai berbasis kompetensi sesuai dengan rencana dan kebutuhan pengembangan kompetensi | 0.200 |
|
A/B/C/D | |||
e | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pengembangan pegawai berbasis kompetensi secara berkala | 0.200 |
|
A/B/C | |||
A.I.5.iv | Promosi Jabatan dilakukan secara Terbuka | 1.200 | |||||
a | Kebijakan promosi terbuka telah ditetapkan | 1.200 | ya, apabila terdapat kebijakan tentang promosi terbuka dan telah ditetapkan | Ya/Tidak | |||
b | Promosi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi telah dilaksanakan | 1.200 |
|
A/B/C/D | |||
c | Promosi terbuka dilakukan secara kompetitif dan obyektif | 1.200 | Ya, apabila pelaksanaan promosi dilakukan dengan cara kompetitif dan penilaian dilakukan secara obyektif | Ya/Tidak | |||
d | Promosi terbuka dilakukan oleh panitia seleksi yang independen | 1.200 | Ya, apabila telah ditetapkan susunan panitia seleksi yang berasal dari pihak-pihak independen | Ya/Tidak | |||
e | Hasil setiap tahapan seleksi diumumkan secara terbuka | 1.200 | Ya, apabila tahapan diumumkan secara terbuka melalui media IT seperti website panitia seleksi dsb | Ya/Tidak | |||
A.I.5.v | Penetapan Kinerja Individu | 0.400 | |||||
a | Capaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian tunjangan kinerja | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
b | Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
c | Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik | 0.400 |
|
A/B/C/D/E | |||
d | Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas pencapaian kinerja individu. | 0.400 |
|
A/B/C/D/E | |||
e | Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pengembangan karir individu/pemberian penghargaan dan sanksi lainnya | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.5.vi | Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai | 0.200 | |||||
a | Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku instansi telah ditetapkan | 0.200 | ya, apabila terdapat kebijakan tentang disiplin/kode etik/kode perilaku | Ya/Tidak | |||
b | Adanya monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku instansi | 0.200 |
|
A/B/C | |||
c | Adanya pemberian sanksi dan imbalan (reward) | 0.200 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.5.vii | Pelaksanaan Evaluasi Jabatan | 0.200 | |||||
a | Informasi faktor jabatan telah disusun | 0.200 | Ya, apabila terdapat dokumen tentang penyusunan Faktor Jabatan | Ya/Tidak | |||
b | Peta jabatan telah ditetapkan | 0.200 |
|
A/B/C/D | |||
c | Kelas jabatan telah ditetapkan | 0.200 |
|
A/B/C/D | |||
d | Unit kerja telah melaksanakan evaluasi jabatan berdasarkan SKJ | 0.200 |
|
A/B/C/D/E | |||
A.I.5.viii | Sistem Informasi Kepegawaian | 0.200 | |||||
a | Sistem informasi kepegawaian telah dibangun sesuai kebutuhan | 0.200 | Ya, apabila terdapat sistem informasi yang dibangun sesuai dengan kebutuhan | Ya/Tidak | |||
b | Sistem informasi kepegawaian terus dimutakhirkan | 0.200 |
|
A/B/C/D | |||
c | Sistem informasi kepegawaian digunakan sebagai pendukung pengambilan kebijakan manajemen SDM | 0.200 | Ya, apabila sistem informasi kepegawaian digunakan sebagai pendukung pengambilan kebijakan manajemen SDM | Ya/Tidak | |||
d | Sistem informasi kepegawaian dapat diakses oleh pegawai | 0.200 | Ya, apabila pegawai dapat mengakses sistem informasi kepegawaian | Ya/Tidak | |||
A.I.6 | PENGUATAN AKUNTABILITAS | 2.500 | |||||
A.I.6.i | Keterlibatan pimpinan | 1.000 | |||||
a | Pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Renstra | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
b | Pimpinan terlibat secara langsung pada saat penyusunan Penetapan Kinerja | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
c | Pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
d | Pimpinan telah memahami kinerja yang harus dicapai dalam jangka menengah | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
e | Pimpinan memahami kinerja yang diperjanjikan di setiap tahun | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
f | Pimpinan memantau rencana aksi kinerja secara berkala | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.6.ii | Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja | 1.500 | |||||
a | Terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja | 1.500 |
|
A/B/C/D | |||
b | Pedoman akuntabilitas kinerja telah disusun | 1.500 | Ya, apabila terdapat dokumen pedoman akuntabilitas kinerja | Ya/Tidak | |||
c | Pemutakhiran data kinerja dilakukan secara berkala | 1.500 |
|
A/B/C/D/E | |||
A.I.7 | PENGUATAN PENGAWASAN | 2.500 | |||||
A.I.7.i | Gratifikasi | 0.300 | |||||
a | Telah terdapat kebijakan penanganan gratifikasi | 0.300 | Ya, apabila telah ditetapkan kebijakan tentang penanganan gratifikasi | Ya/Tidak | |||
b | Telah dilakukan public campaign | 0.300 |
|
A/B/C | |||
c | Penanganan gratifikasi telah diimplementasikan | 0.300 | Ya, apabila UPG melaporkan secara berkala tentang praktek gratifikasi | Ya/Tidak | |||
d | Telah dilakukan evaluasi atas kebijakan penanganan gratifikasi | 0.300 | Ya, apabila terdapat evaluasi atas kebijakan penanganan gratifikasi | Ya/Tidak | |||
e | Hasil evaluasi atas penanganan gratifikasi telah ditindaklanjuti | 0.300 | Ya, apabila terdapat laporan tindak lanjut | Ya/Tidak | |||
A.I.7.ii | Penerapan SPIP | 0.300 | |||||
a | Telah terdapat peraturan Pimpinan organisasi tentang SPIP | 0.300 | Ya, apabila ada peraturan pimpinan organisasi tentang SPIP | Ya/Tidak | |||
b | Telah dibangun lingkungan pengendalian | 0.300 |
|
A/B/C | |||
c | Telah dilakukan penilaian risiko atas organisasi | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
d | Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
e | Sistem Pengendalian Internal (SPI) telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
f | Telah dilakukan pemantauan pengendalian intern | 0.300 |
|
A/B/C | |||
g | Unit kerja telah melakukan evaluasi atas Penerapan SPI | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.7.iii | Pengaduan Masyarakat | 0.500 | |||||
a | Telah disusun kebijakan pengaduan masyarakat | 0.500 | Ya, apabila telah ditetapkan kebijakan tentang penanganan pengaduan | Ya/Tidak | |||
b | Penanganan pengaduan masyarakat telah diimplementasikan | 0.500 |
|
A/B/C/D | |||
c | Hasil penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti | 0.500 |
|
A/B/C/D | |||
d | Telah dilakukan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat | 0.500 |
|
A/B/C | |||
e | Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti | 0.500 | Ya, apabila terdapat laporan hasil evaluasi atas tindak lanjut penanganan pengaduan masyarakat | Ya/Tidak | |||
A.I.7.iv | Whistle Blowing System | 0.300 | |||||
a | Telah terdapat Whistle Blowing System | 0.300 | Ya, apabila terdapat kebijakan tentang Whistle Blowing System | Ya/Tidak | |||
b | Whistle Blowing System telah disosialisasikan | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
c | Whistle Blowing System telah diimplementasikan | 0.300 | Ya, apabila kebijakan whistle blowing system telah diimplementasikan | Ya/Tidak | |||
d | Telah dilakukan evaluasi atas Whistle Blowing System | 0.300 |
|
A/B/C | |||
e | Hasil evaluasi atas Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.7.v | Penanganan Benturan Kepentingan | 0.300 | |||||
a | Telah terdapat Penanganan Benturan Kepentingan | 0.300 | Ya, apabila terdapat peraturan/kebijakan Penanganan Benturan Kepentingan | Ya/Tidak | |||
b | Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
c. | Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan | 0.300 | Ya, apabila Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan | Ya/Tidak | |||
d | Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan | 0.300 |
|
A/B/C | |||
e | Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.7.vi | Pembangunan Zona Integritas | 0.500 | |||||
a | Telah dilakukan pencanangan zona integritas | 0.500 | Ya, apabila terdapat Dokumen Pencanangan Zona Integritas ditandatangani sesuai ketentuan | Ya/Tidak | |||
b | Telah ditetapkan unit yang akan dikembangkan menjadi zona integritas | 0.500 | Ya, apabila ada Surat Keputusan Tentang unit yang ditetapkan | Ya/Tidak | |||
c | Telah dilakukan pembangunan zona integritas | 0.500 |
|
A/B/C | |||
d | Telah dilakukan evaluasi atas zona integritas yang telah ditentukan | 0.500 |
|
A/B/C | |||
e | Telah terdapat unit kerja yang ditetapkan sebagai “menuju WBK/WBBM” | 0.500 |
|
A/B/C | |||
A.I.7.vii | Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) | 0.300 | |||||
a | Rekomendasi APIP didukung dengan komitmen pimpinan | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
b | APIP didukung dengan SDM yang memadai secara kualitas dan kuantitas. | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
c | APIP didukung dengan anggaran yang memadai | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
d | APIP berfokus pada client dan audit berbasis risiko | 0.300 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.8 | PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK | 2.500 | |||||
A.I.8.i | Standar Pelayanan | 0.400 | |||||
a | Terdapat kebijakan standar pelayanan | 0.400 |
|
A/B/C/D/E | |||
b | Standar pelayanan telah dimaklumatkan | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
c | Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.8.ii | Budaya Pelayanan Prima | 0.400 | |||||
a | Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan prima | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
b | Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
c | Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
d | Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
e | Telah terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
f | Telah terdapat inovasi pelayanan | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.8.iii | Pengelolaan Pengaduan | 0.600 | |||||
a | Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan | 0.600 |
|
A/B/C/D/E | |||
b | Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan | 0.600 |
|
A/B/C/D | |||
c | Telah dilakukan tindak lanjut atas seluruh pengaduan pelayanan untuk perbaikan kualitas pelayanan | 0.600 |
|
A/B/C/D | |||
d | Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi | 0.600 |
|
A/B/C | |||
A.I.8.iv | Penilaian kepuasan terhadap pelayanan | 0.700 | |||||
a | Dilakukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan | 0.700 |
|
A/B/C/D/E | |||
b | Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka | 0.700 |
|
A/B/C | |||
c | Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat | 0.700 |
|
A/B/C/D | |||
A.I.8.v | Pemanfaatan Teknologi Informasi | 0.400 | |||||
a | Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan | 0.400 |
|
A/B/C/D | |||
b | Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus | 0.400 |
|
A/B/C | |||
A.II | HASIL ANTARA AREA PERUBAHAN | 10.000 | |||||
A.II.i | Sistem Merit | 0.833 | |||||
- | Indeks Sistem Merit | 0.833 | Penilaian menggunakan instrumen tentang Tata Cara Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah (Peraturan KASN Nomor 9/2019) yang dilakukan oleh KASN dengan Skala 0-400 | Indeks(0-400) | |||
A.II.ii | Kualitas Kebijakan | 0.833 | |||||
- | Indeks Kualitas Kebijakan | 0.833 | Penilaian menggunakan Nilai LAN dengan skala 0-100 | Indeks (0-100) | |||
A.II.iii | Kualitas Pengelolaan Aset | 0.833 | |||||
- | Indeks Pengelolaan Aset | 0.833 | Penilaian menggunakan Hasil Indeks Pengelolaan Aset yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan dengan skala 0-4 | Skor (Skala 4) | |||
A.II.iv | Aparatur Sipil Negara yang Profesional | 0.833 | |||||
- | Indeks Profesionalitas ASN | 0.833 | Penilaian menggunakan instrumen tentang Pedoman Tata Cara dan Pelaksanaan Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN (Peraturan BKN Nomor 8/2019) dengan skala 0-100 | Indeks (0-100) | |||
A.II.v | Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik | 0.833 | |||||
- | Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) | 0.833 | Penilaian menggunakan Hasil Evaluasi SPBE Kementerian PANRB dengan skala 1-5 | Skor(Skala 5) | |||
A.II.vi | Kualitas Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa | 0.833 | |||||
- | Indeks Tata Kelola PBJ | 0.833 | Penilaian menggunakan Hasil Indeks Tata Kelola Pengadaan Barang dan Jasa yang dilakukan oleh LKPP dengan skala 0-100 | Indeks (0-100) | |||
A.II.vii | Kualitas Pengelolaan Anggaran | 0.833 | |||||
- | Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) | 0.833 | Penilaian menggunakan Hasil Penilaian Kinerja Pengelolaan Anggaran yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan dengan skala 0-100 | Indeks (0-100) | |||
A.II.viii | Kualitas Pelayanan Publik | 0.833 | |||||
- | Indeks Pelayanan Publik (IPP) | 0.833 | Penilaian menggunakan Hasil Evaluasi Pelayanan Publik yang dilakukan oleh Kementerian PANRB dengan skala 0-5 | Skor (Skala 5) | |||
A.II.ix | Kapabilitas APIP | 0.833 | |||||
- | Indeks Internal Audit Capability Model (IACM) | 0.833 | Penilaian menggunakan instrumen tentang Pedoman Teknis Peningkatan Kapabilitas APIP (Perka BPKP Nomor 16/2015) yang dilakukan oleh BPKP dengan skala 0-5 | Skor (Skala 5) | |||
A.II.x | Maturitas SPIP | 0.833 | |||||
- | Maturitas Sistem Pengendalian Internal Instansi Pemerintah (SPIP) | 0.833 | Penilaian menggunakan instrumen tentang Pedoman Penilaian dan Strategi Peningkatan Maturitas SPIP (Perka BPKP Nomor 4/2016) yang dilakukan oleh BPKP dengan skala 0-5 | Indeks(Skala 5) | |||
A.II.xi | Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik | 0.833 | |||||
- | Penilaian Tingkat Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik Sesuai Undang-undang 25 Tahun 2009 | 0.833 | Penilaian merupakan hasil survei kepatuhan K/L/D terhadap standar pelayanan publik sesuai UU 25/2009 dengan membagi tiga tingkatan kepatuhan (tinggi, sedang, rendah). Dilaksanakan berdasarkan Peraturan Ombudsman Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik yang dilakukan oleh Ombudsman RI dengan skala 0-100 | Indexs (1-100) | |||
A.II.xii | Kualitas Pengelolaan Arsip | 0.833 | |||||
- | Kualitas Pengelolaan Arsip | 0.833 | Penilaian menggunakan Hasil Pengawasan Kearsipan (Perka ANRI Nomor 6/2019) yang dilakukan oleh ANRI dengan skala 0-100 | Indexs (1-100) | |||
B | HASIL | 40.000 | |||||
A.III | REFORM | 30.000 | |||||
A.III.1 | MANAJEMEN PERUBAHAN | 3.000 | |||||
A.III.1.i | Komitmen dalam Perubahan | 1.500 | |||||
a | Agen perubahan telah membuat perubahan yang konkret di Instansi | 1.500 | 1 Agen 1 Perubahan | % | |||
b | Perubahan yang dibuat Agen Perubahan telah terintegrasi dalam sistem manajemen | 1.500 | Perubahan/inovasi yang dibuat telah diintegrasikan dalam sistem manajemen dan dimanfaatkan dalam pelaksanaan tugas/pelayanan | % | |||
c. | Instansi mendorong unit kerja untuk melakukan perubahan (reform) | 1.500 | Bentuk perubahan (reform) yang dilakukan unit kerja, misalnya: pembangunan zona integritas, pembuatan inovasi, dsb | % | |||
A.III.1.ii | Komitmen Pimpinan | 1.000 | |||||
a | Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya target capaian reformasi yang jelas di dokumen perencanaan instansinya | 1.000 |
|
A/B/C/D/E | |||
b. | Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya perhatian khusus kepada unit kerja yang berhasil melaksanakan reformasi | 1.000 | % | ||||
A.III.1.iii | Membangun Budaya Kerja | 0.500 | |||||
- | Instansi membangun budaya kerja positif dan menerapkan nilai-nilai organisasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari | 0.500 |
|
A/B/C/D | |||
A.III.2 | DEREGULASI KEBIJAKAN | 3.000 | |||||
- | Peran Kebijakan | 2.000 | |||||
a | Kebijakan yang diterbitkan memiliki peta keterkaitan dengan kebijakan lainnya | 2.000 |
|
A/B/C | |||
b | Kebijakan terkait pelayanan dan atau perizinan yang diterbitkan memuat unsur kemudahan dan efisiensi pelayanan utama instansi | 2.000 | Persentase diperoleh dari Jumlah kebijakan terkait pelayanan dan atau perizinan yang terbit memuat unsur kemudahan dan efisiensi pelayanan utama instansi dibagi dengan Jumlah kebijakan terkait pelayanan dan atau perizinan baru yang terbit | % | |||
A.III.2.ii | Penyelesaian Kebijakan | 1.000 | |||||
- | Penyelesaian kebijakan sesuai dengan Program Legislasi K/L/Pemda | 1.000 | Persentase diperoleh dari jumlah kebijakan di diterbitkan sesuai dalam program legislasi K/L/Pemda dibagi dengan jumlah total kebijakan yang ada dalam program legislasi K/L/Pemda (Undang-Undang/Peraturan Pemerintah/Peraturan Presiden/Peraturan Menteri/Peraturan Daerah/Peraturan Kepala Daerah | % | |||
A.III.3 | PENATAAN DAN PENGUATAN ORGANISASSI | 4.500 | |||||
- | Organisasi Berbasis Kinerja | 1.500 | |||||
- | Penyesuaian organisasi dalam rangka mewujudkan organisasi yang efektif, efisien dan tepat ukuran sesuai dengan proses bisnis, dengan mempertimbangkan kinerja utama yang dihasilkan. | 1.500 |
|
A/B/C/D | |||
A.III.3.ii | Penyederhanaan Organisasi | 1.500 | |||||
- | Peta Proses Bisnis yang ideal dalam rangka Penyederhanaan Organisasi | 1.500 | Persentase Peta Proses Bisnis yang ideal dalam rangka Penyederhanaan Organisasi diperoleh dari Jumlah Peta Proses Bisnis setelah disesuaikan dengan Penyederhanaan Organisasi dibagi dengan Jumlah Peta Proses Bisnis yang seharusnya ada dalam rangka Penyederhanaan Organisasi | % | |||
A.III.3.iii | Hasil Evaluasi Kelembagaan | 1.500 | |||||
- | Hasil Evaluasi Kelembagaan | 1.500 | Diperoleh dari hasil evaluasi kelembagaan sesuai dengan Peraturan Menpan
20 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Kelembagaan Instansi Pemerintah
|
A/B/C/D/E | |||
A.III.4 | PENATAAN TATA LAKSANA | 3.750 | |||||
A.III.4.i | Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan | 0.500 | |||||
- | Telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan | 0.500 |
|
A/B/C/D | |||
A.III.4.ii | Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi | 1.250 | |||||
a | Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien | 1.250 |
|
A/B/C | |||
b | Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien | 1.250 |
|
A/B/C | |||
A.III.4.iii | Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat | 2.000 | |||||
a | Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi organisasi secara optimal | 2.000 |
|
A/B/C/D/E | |||
b | Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi organisasi secara optimal | 2.000 |
|
A/B/C/D/E | |||
c | Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi organisasi secara optimal | 2.000 |
|
A/B/C/D/E | |||
A.Iii.5 | PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM | 4.500 | |||||
A.III.5.i | Kinerja Individu | 1.000 | |||||
a | Ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai pada levelnya | 1.000 |
|
A/B/C | |||
b | Pencapaian kinerja individu telah menjadi dasar dalam pemberian tunjangan kinerja/penghasilan | 1.000 |
|
A/B/C | |||
A.III.5.ii | Evaluasi Jabatan | 0.500 | |||||
- | Hasil evaluasi jabatan pimpinan tinggi sudah disampaikan ke menteri/pejabat berwenang | 0.500 | Evaluasi jabatan pimpinan tinggi dilaksanakan pada jabatan pimpinan tinggi pratama ke atas yg sudah menjabat diatas 5 tahun di posisi yg sama. Persentase diperoleh dari Jumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama keatas sudah menjabat lebih dari 5 tahun yang sudah dirotasi dibagi dengan Jumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama keatas yang sudah menjabat lebih dari 5 tahun | % | |||
A.III.5.iii | Assessment Pegawai | 0.500 | |||||
- | Hasil assessment telah dijadikan pertimbangan untuk mutasi dan pengembangan karir pegawai | 0.500 |
|
A/B/C | |||
A.III.5.iv | Pelanggaran Disiplin Pegawai | 0.500 | |||||
- | Penurunan pelanggaran disiplin pegawai | 0.500 | Persentase pernurunan pelanggaran disiplin pegawai diperoleh dari Jumlah pelanggaran tahun sebelumnya dikurangi Jumlah pelanggaran tahun ini kemudian dibagi dengan Jumlah pelanggaran tahun sebelumnya | % | |||
A.III.5.v | Kebutuhan Pegawai | 0.500 | |||||
Hasil perhitungan kebutuhan pegawai telah dijadikan dasar dalam pembuatan formasi dan penerimaan pegawai baru | 0.500 | Persentase diperoleh dari Jumlah formasi yang diusulkan dibagi dengan Jumlah pegawai yang dibutuhkan berdasarkan hasil analisis perhitungan kebutuhan pegawai | % | ||||
A.III.5.vi | Penyetaraan Jabatan | 0.500 | |||||
Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional dalam rangka penyederhanaan Birokrasi | 0.500 | Presentase Jabatan Administrasi yang dilakukan penyetaraan jabatan ke Jabatan Fungsional | % | ||||
A.III.5.vii | Manajemen Talenta | 1.000 | |||||
a | Dilakukan pemetaan talenta yang hasilnya digunakan untuk proses penempatan jabatan kritikal dan rencana suksesi jabatan | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
b | Penerapan Manajemen Talenta dalam pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi | 1.000 | Presentase pejabat Pimpinan Tinggi yang ditetapkan melalui proses manajemen talenta | % | |||
A.Iii.6 | PENGUATAN AKUNTABILITAS | 3.750 | |||||
A.III.6.i | Efektifitas dan Efisiensi Anggaran | 1.000 | |||||
Penggunaan anggaran yang efektif dan efisien Jumlah Program/Kegiatan yang ada sebelumnya: |
1.000 | ||||||
Jumlah Program/Kegiatan yang mendukung tercapainya kinerja utama organisasi: | 0.000 | Merupakan Program dan Kegiatan dengan capaian Sasaran 100% atau lebih | |||||
Persentase Sasaran dengan capaian 100% atau lebih | 1.000 | Persentase diperoleh dari Jumlah Sasaran Kinerja yang tercapai 100% atau lebih dibagi dengan Jumlah Sasaran Kinerja | % | ||||
Persentase Anggaran yang berhasil direfocussing untuk mendukung tercapainya kinerja utama organisasi: | 1.000 | Mendukung tercapainya kinerja utama organisasi artinya Sasaran Kinerja tercapai 100% atau lebih Persentase diperoleh dari Jumlah Anggaran yang berhasil direfocussing dibagi dengan Jumlah Anggaran Total | % | ||||
A.III.6.ii | Pemanfaatan Aplikasi Akuntabilitas Kinerja | 1.000 | |||||
- | Aplikasi yang terintegrasi telah dimanfaatkan untuk menciptakan efektifitas dan efisiensi anggaran | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
A.III.6.iii | Pemberian Reward and Punishment | 1.000 | |||||
- | Hasil Capaian/Monitoring Perjanjian Kinerja telah dijadikan dasar sebagai pemberian reward and punishment bagi organisasi | 1.000 |
|
A/B/C/D | |||
A.III.6.iv | Kerangka Logis Kinerja | 0.750 | |||||
- | Terdapat Peta strategis yang mengacu pada kinerja utama (Kerangka Logis Kinerja) organisasi dan dijadikan dalam penentuan kinerja seluruh pegawai | 0.750 |
|
A/B/C/D | |||
A.Iii.7 | PENGUATAN PENGAWASAN | 3.750 | |||||
A.III.7.i | Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) | 0.750 | |||||
- | Persentase penyampaian LHKPN | 0.750 | Kewajiban Penyelenggara Negara untuk melaporkan harta kekayaan diatur dalam:
|
% | |||
A.III.7.ii | Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) | 0.600 | |||||
- | Persentase penyampaian LHKASN | 0.600 | Penyampaian LHKASN diatur dalam:
|
% | |||
A.III.7.iii | Mekanisme Pengendalian Aktivitas Utama (SPIP) | 0.600 | |||||
- | Telah dilakukan mekanisme pengendalian aktivitas secara berjenjang. | 0.600 |
|
A/B/C/D/E | |||
A.III.7.iv | Penanganan Pengaduan Masyarakat | 0.600 | |||||
- | Persentase Penanganan Pengaduan Masyarakat | 0.600 | % | ||||
A.III.7.v | Pembangunan Zona Integritas | 0.600 | |||||
WBK dalam 1 tahun: | 0.000 | - | |||||
WBBM dalam 1 tahun: | 0.000 | - | |||||
- | Komitmen Pembangunan ZI (Akumulatif): | 0.600 |
|
A/B/C/D/E/F/G/H | |||
- | Pemetaan Unit Kerja untuk membangun ZI: | 0.600 | - | ||||
A.III.7.vi | Peran APIP | 0.600 | |||||
a | APIP telah menjalankan fungsi konsultatif | 0.600 |
|
A/B/C/D/E | |||
b | APIP memberikan saran masukan terkait peningkatan kinerja unit kerja | 0.600 |
|
A/B/C/D | |||
A.III.8 | PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK | 3.750 | |||||
A.III.8.i | Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik | 2.500 | |||||
a | Upaya dan/atau inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik pada:
|
2.500 | % | ||||
b | Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah:
|
2.500 | Persentase diperoleh dari Jumlah perijinan/pelayanan yang telah dipermudah dibagi dengan Jumlah perijinan/pelayanan yang terdata/terdaftar | % | |||
A.III.8.ii | Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi | 1.250 | |||||
- | Penanganan pengaduan pelayanan dan konsultasi dilakukan melalui berbagai kanal/media secara responsive dan bertanggung jawab | 1.250 | % | ||||
B | HASIL | 40.000 | |||||
B.1 | AKUNTABILITAS KINERJA DAN KEUANGAN | 10.000 | |||||
B.1.i | Opini BPK | 3.000 | Diisi dengan Opini BPK atas Laporan Keuangan | WTP/WTP-DPP/WDP/TMP/TW/ Tidak Ada Laporan | |||
B.1.ii | Nilai SAKIP | 7.000 | Diisi dengan nilai hasil evaluasi implementasi atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Kementerian PANRB | SKOR(0 - 100) | |||
B.2 | KUALITAS PELAYANAN PUBLIK | 10.000 | |||||
B.2.- | Indeks Persepsi Kualitas Pelayanan Publik (IPKP) | 10.000 | Diisi dengan Nilai Hasil Survei Eksternal Kualitas Pelayanan | SKALA(0-4) | |||
B.3 | PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN | 10.000 | |||||
B.3.- | Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) | 10.000 | Diisi dengan Nilai Hasil Survei Eksternal Anti Korupsi | SKALA(0-4) | |||
B.4 | KINERJA ORGANISASI | 10.000 | |||||
B.4.i | Capaian Kinerja | 5.000 | % | ||||
B.4.ii | Kinerja Lainnya | 2.000 |
|
A/B/C | |||
B.4.iii | Survei Internal Organisasi | 3.000 | Diisi dengan nilai hasil Survei Internal Kapasitas Organisasi dan Integritas Jabatan | SKALA(0-5) |